Balques Manisang dan Tomy Ristanto, Moderator Debat Pamungkas

13 Apr 2019 08:40 Nasional

Debat kelima Pilpres 2019 atau debat terakhir akan digelar di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, malam nanti tepat pukul 20.00 WIB. Debat itu akan mengusung tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.

Sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), giliran empat stasiun TV yang akan menayangkan debat kelima yaitu TVOne, ANTV, Berita Satu, Net TV dan di-relay secara langsung oleh semua stasiun TV, radio, dan media online.

Forum adu gagasan ini kembali mempertemukan dua kandidat dengan formasi lengkap, yakni pasangan calon 01 Jokowi-Maruf dan paslon 02 Prabowo-Sandiaga. Balques Manisang dan Tomy Ristanto terpilih sebagai salah satu moderator yang akan memandu debat pamungkas ini.

Mereka berdua harus menyajikan isu strategis yang telah disusun panelis serta KPU RI bisa ditangkap dengan baik oleh kedua pasangan calon Pilpres 2019. "Saya dan Tomy sangat merasa terhormat mendapatkan tugas yang sangat menantang," kata Balques Manisang.

Keduanya akan berusaha tampil maksimal untuk bisa memandu jalannya debat dengan baik. "Kita tak bisa memenuhi ekspektasi semua orang tapi kami akan mencoba yang terbaik karena ini debat pamungkas," sambung Tomy Ristanto.

Dalam kesempatan yang sama, Tomy Ristanto dan Balques Manisang menyarankan kepada seluruh masyarakat khususnya kaum milenial agar jangan melewatkan begitu saja debat kelima Pilpres 2019.

Selain menjadi pelaksanaan pamungkas dari seluruh proses Pemilu, debat malam nanti juga dijadikan sebagai momentum berakhirnya proses kampanye.

"Kami mengajak seluruh masyarakat khususnya milenial menonton debat pamungkas ini. Jangan hanya berdasarkan medsos, rumor. Tapi ayo kita semua jadi saksi menyukseskan pesta demokrasi tahun ini," ungkap keduanya.

Balques Manisang

Saat ini, Balques Manisang menjadi presenter program berita di TvOne. Wanita lulusan London School of Public Relation Jakarta, yang menempuh jurusan Komunikasi Massa ini memulai kariernya di TvOne sejak 2008.

Balques Manisang juga sempat menjadi assosiate producer. Pada 2012, ia kemudian dipercaya untuk memandu Apa Kabar Indonesia Akhir Pekan yang tayang pada Sabtu dan Minggu malam.

Hingga akhirnya pada 2017, presenter berusia 33 tahun ini mendapatkan tantangan untuk membuat sebuah program televisi.

"Akhirnya dapat (program) Fakta, itu invetigasi masalah-masalah yang ada di masyarakat. Kalau daily kan isu apa yang lagi top kamu kerjain. Tapi ini tantangannya harus bisa lihat isu," kata wanita asal Sangir Talaud, pulau paling ujung di Sulawesi Utara.

Tomy Ristanto

Pria yang akrab disapa Tomrist ini presenter NET TV. Sebelumnya, pria kelahiran Lampung pada tahun 1982 ini pernah bergabung di Metro TV dan Trans 7. Tomrist memiliki sebuah laman yang berisi tulisan dan kegiatannya, saat bertugas serta mengunjungi berbagai tempat di belahan dunia. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini