Konstruksi Tol Pasuruan-Probolinggo Ambruk, Dua Mobil Ringsek, Satu Pekerja Tewas

29 Oct 2017 15:55 Jawa Timur

Probolinggo : Konstruksi bangunan jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang berada di Desa Cukurgondang, Grati, Pasuruan, tiba-tiba ambruk, Minggu 29 Oktober 2017 sekitar pukul 10.00 WIB. Sebuah mobil pickup dan truk tronton yang ada di bawahnya tertimpa potongan beton hingga ringsek.

Kapolrestabes Pasuruan AKBP Rizal Martomo ketika dihubungi ngopibareng mengatakan, konstruksi Tol Pasuruan-Probolinggo ini ambruk ketika proses pemasangan balok girder (balok yang dipasang di antara dua penyangga) ke empat. Balok girder pertama hingga ketiga sudah dipasang pada Sabtu 28 Oktober 2017 kemarin. 

Hari ini rencannya dilakukan proses pemasangan beton girder ke empat. Saat proses pemasangan inilah, balok girder ke empat membentur balok ke tiga sehingga terjadi efek domino dan meruntuhkan ke empat balok tersebut.

Akibat kejadian ini, pekerja mekanik bernama Heri (30 tahun) langsung tewas di tempat karena terkena runtuhan beton. Sedangkan dua temannya yang juga bekerja dibagian mekanik yakni Nurdin dan Sugiyono mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Bisa karena angin, karena mengangkatnya pakai sling. Pimpinan proyek dari PT Waskita (Kontraktor) bersama Tim Labfor Polda Jatim akan segera melakukan pemeriksaan, apakah pemasangan sudah sesuai prosedur atau tidak," ujar Rizal.(wah)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini