Mobil Omar Garcia, Kepala Polisi di Kota Meksiko yang dihujani peluru kelompok kartel nakoba CJNG. (Twitter)

Baku Tembak Polisi Lawan Gembong Narkoba di Meksiko, 2 Tewas

Internasional 27 June 2020 19:42 WIB

Kepala polisi Meksiko mengalami cidera berat sedangkan dua pengawalnya tewas tertembak pada Jumat pagi waktu setempat. Polisi menuduh kartel narkoba the Jalisco New Generation Cartel (CJNG) sebagai dalangnya.

Kepala polisi bernama Omar Garcia mengalami tiga luka tembak setelah terlibat baku tembak sengit tak jauh dari Kota Meksiko. Serangan itu terekam di kamera keamanan kota setempat.

Tiga jam berselang, Garcia yang dirawat di rumah sakit, mencuit sambil menyebut geng CJNG “menyerang seperti pengecut". CJNG adalah sebuah kartel narkoba yang terkenal dengan kekejamannya di Meksiko, dilansir dari Reuters.

Dalam rekaman video tersebut, terlihat sekelompok laki-laki bersenjata menumpang mobil dengan bak terbuka, dan SUV, menutup jalan dan menghujani mobil Garcia dengan tembakan, pada Jumat pagi sekitar pukul 06.30 waktu setempat. Disusul datangnya sejumlah polisi yang melepas tembakan ke arah gang kriminal itu.

Video yang disiarkan televisi setempat menunjukkan mobil Garcia dipenuhi lubang tembakan  peluru.

Garcia disebut mengalami luka di bagian lutut dan tulang pundak. Ia juga mengabarkan telah menjalani operasi dan dalam kondisi baik, pada sore harinya.

Sebelummya, seorang perempuan berusia 26 tahun tewas setelah diberondong peluru di wilayah Lomas de Chapultepec, wilayah orang kaya dan perwakilan sejumlah kedutaan negara asing. Perempuan itu tewas ketika berjualan makanan di mobilnya.

Presiden Andreas Manuel Lopez Obrador dan Walikota Kota Meksiko Claudia Sheinbaum mengatakan jika serangan itu menunjukkan adanya tekanan dari polisi terhadap kelompok kriminal. Perang melawan gembong pun ditegaskan tak akan berhenti. "Tak akan pernah ada momen untuk mundur," katanya.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 18:55 WIB

Artis Minta Maaf dan Unjuk Rasa Bikin Omnibus Law Viral

Reportase

Aksi menolak RUU Cipta Kerja pecah di berbagai daerah.

14 Aug 2020 18:38 WIB

Beberapa Mantan Pemain Persebaya Merapat ke Eri Cahyadi?

Pilkada

Tindakan mereka diprotes keras Bonek Mania.

14 Aug 2020 18:15 WIB

Jateng Peduli Sesama, Tema HUT RI Pilihan Ganjar Pranowo

Nusantara

Tema dikaitkan dengan pandemi Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...