Baktiono, pahlawan sanitasi warga Surabaya. (Ilustrasi: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Baktiono, pahlawan sanitasi warga Surabaya. (Ilustrasi: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Baktiono, Blusukan Benahi Sanitasi Warga Miskin Surabaya

Ngopibareng.id Advertorial 10 November 2020 20:45 WIB

Kondisi sanitasi di Kota Surabaya masih memprihatinkan. Beberapa kawasan kampung di Surabaya masih terlihat kumuh, dan tidak dilengkapi dengan MCK atau sanitasi yang baik. Anggota DPRD Surabaya, turun tangan melakukan aksi nyata selama lima tahun terakhir. Ia terlibat dalam menyediakan sanitasi yang baik bagi masyarakat miskin.

Selama ia menjabat sebagai Anggota DPRD Surabaya sejak 1999, Baktiono mengatakan sudah membantu warga di daerah pemilihannya maupun non dapilnya terkait MCK atau sanitasi. Bedanya, ia tak koar-koar ke media atau ke khalayak ramai ketika membantu warga miskin itu.

“Saya itu selama ini sudah membantu. Tapi ya tidak saya publikasikan, karena memang untuk warga. Biar saja saya yang gerak, tapi warga merasakan,” kata Baktiono yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, periode 2019-2024.

Ia mengatakan selama lima periode menjadi anggota dewan, sudah banyak dana yang ia ambil dari kantongnya sendiri untuk membantu warga miskin yang masih memiliki masalah MCK yang tak terkecukupi. 

Pun jika ia sudah tak mampu membantu, ia langsung meminta ke beberapa perusahaan daerah maupun swasta, untuk memberikan corporate social responsibility (CSR) berupa pembangunan MCK atau fasilitas sanitasi di beberapa titik. Entah, sudah berapa banyak kampung di Surabaya yang Baktiono bantu dengan pembangunan MCK itu.

“Kalau dihitung ya sudah banyak. Di berbagai tempat, misal di Surabaya Utara atau Surabaya Tengah yang masih ada kampung-kampung kumuh itu. Kalau saya sudah tidak cukup, saya minta perusahaan untuk mengucurkan sebagian CSRnya untuk pembangunan MCK warga,” katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 18:59 WIB

Banjir di Kalsel, 27 Ribu Rumah Terendam, 112 Ribu Jiwa Mengungsi

Nusantara

Korban banjir di Kalsel terus bertambah.

16 Jan 2021 18:35 WIB

Mata Air Sumber Suyo, Wisata dan Tempat Terapi ODGJ di Kediri

Feature

Mata air Sumber Suyo di Kediri digunakan sebagai ritual penyembuhan ODGJ.

16 Jan 2021 18:05 WIB

Penerima Vaksin Pertama di India Malah Petugas Kebersihan

Internasional

Politisi dianggap bukan kelompok garda depan dalam menghadapi Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...