David da Silva saat mencetak gol kedua ke gawang Arema FC. (Foto: persebaya.id)
David da Silva saat mencetak gol kedua ke gawang Arema FC. (Foto: persebaya.id)
Liga 1 2019

Bajul Ijo Telan Mentah-Mentah Singo Edan

Ngopibareng.id Liga Indonesia 12 December 2019 17:48 WIB

Bajul Ijo menelan mentah-mentah Singo Edan. Bertanding dalam laga lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis 12 Desember 2019 sore, Persebaya membuat Arema FC terkapar setelah dihajar 4-1.

Empat gol kemenangan Persebaya di pertandingan ini dicetak oleh Aryn Williams di menit ke-4, David da Silva (27’ dan 90+3') dan Diogo Campos di menit ke-78’. Sedangkan satu-satunya gol Arema FC di laga ini dicetak oleh Hamka Hamzah di menit ke 90+2'.

Berkat kemenangan ini, Persebaya mengantongi 48 poin dan merangkak naik ke posisi ketiga klasemen sementara, dari sebelumnya di peringkat kelima. Sementara Arema FC melorot satu tingkat ke posisi ke-10.

Jalannya pertandingan

Bertanding di Stadion Batakan, Balikpapan, Persebaya langsung tampil ofensif sejak menit awal babak pertama. Hasilnya, hanya butuh waktu empat menit bagi Persebaya untuk membuka keunggulan.

Adalah Aryn Williams yang menceploskan bola ke gawang Arema. Gelandang bertahan Persebaya itu berhasil membuka keunggulan Persebaya setelah sepakan kerasnya tak mampu dibendung oleh Utam Rusdiana. Skor 1-0 untuk keunggulan Bajul Ijo

Unggul 1-0, Persebaya tak mengendurkan serangan. Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan tetap tampil menekan. Hasilnya, sejumlah peluang mereka dapatkan meski gagal berujung gol.

Singo Edan tak tinggal diam. Melalui Dendy Santoso, Makan Konate, dan Nur Hardianto, Arema sesekali melakukan serangan balik.

Di pertengahan babak pertama, Hanif Syahbadi nyaris menyamakan kedudukan lewat sepakan kerasnya di depan kotak penalti. Sayang percobaan yang ia lakukan masih melambung tinggi di atas mistar gawang Miswar Saputra.

Persebaya pun bereaksi. Kombinasi permainan yang mereka terapkan membuat Arema kesulitan menghadang laju para pemain Persebaya. Dua peluang pun langsung di dapatkan David. Jika pada kesempatan pertamanya ia gagal memaksimalkan umpan terukur Abu Rizal Maulana, David tak mau melewatkan peluang kedua di menit ke-27.          

Memenangi duel satu lawan satu dengan Hamka Hamzah, David melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihadang Utam Rusdiana. Skor 2-0 bagi Bajul Ijo.

Di sisa waktu babak pertama, Persebaya maupun Arema saling bertukar serangan. Namun, usaha kedua tim gagal menghasilkan gol. Sehingga hingga turun minum, skor 2-0 untuk Persebaya tak berubah.

Memasuki babak kedua, Arema FC mencoba bangkit. Permainan bola-bola pendek dengan umpan silangnya, Arema FC memperoleh sejumlah peluang. Namun usaha mereka selalu kandas di kaki para pemain Persebaya.

Hanya saja, tak butuh waktu lama bagi Persebaya untuk mengambil alih kendali permainan. Dengan memanfaatkan lebar lapangan, para pemain Persebaya terus memberi tekanan.

Di menit ke-78, Persebaya berhasil memperbesar skor menjadi 3-0 setelah Diogo Campos berhasil meneruskan umpan matang Aryn Williams.

Meski tertinggal dengan margin yang cukup lebar, Singo Edan tak mau menyerah begitu saja. Dengan taktik serangan balik, mereka berusaha memperkecil ketertinggalan. Tapi upaya mereka baru membuahkan hasil ketika laga sudah memasuki masa injury time.

Adalah Hamka Hamzah yang berhasil mengoyak jala Bajul Ijo. Mendapat umpan pendek di depan kotak penalti, Hamka melepaskan tembakan voli yang tak mampu diantisipasi oleh Miswar. Skor 3-1 masih untuk keunggulan Persebaya.

Sayangnya, hanya satu menit kemudian, Persebaya kembali merobek jala Arema FC yang dikawal Utam Rusdiana setelah David da Silva sukses mengonversi umpan Irfan Jaya dari sisi kanan kotak penalti Arema FC. Skor 4-1 pun menutup laga ini.  

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Nov 2020 17:39 WIB

Bu Yayuk, Guru di Lereng Bromo Tak Canggung ‘Nunut’ Pikap Sayur

Feature

Profesinya yang dihormati tapi tak membuat perempuan ini canggung nunut.

25 Nov 2020 17:35 WIB

Update Covid-19 Indonesia, Infeksi Harian Tembus 5.534

Reportase

Jumlah orang yang diperiksa, terbanyak sejak 1 November 2020.

25 Nov 2020 17:15 WIB

Ekonomi di Kota Malang Lesu, Inflasi Akhir Tahun Sebesar 1 Persen

Ekonomi dan Bisnis

Idealnya angka inflasi sekitar 2 sampai 4 persen.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...