Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertemu dengan tokoh lintas agama di Pendopo Saba Swagata Blambangan (foto:istimewa)

Bahas New Normal Keagamaan, Bupati Anas Temui Tokoh Lintas Agama

Jawa Timur 01 June 2020 21:48 WIB

Pemkab Banyuwangi melakukan pertemuan dengan tokoh lintas agama terkait penerapan era new normal, Senin 1 Juni 2020 di Pendopo Saba Swagata Blambangan, Banyuwangi.

Pertemuan ini berkaitan dengan aturan berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah yang diterbitkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa regulasi terbaru dari Kemenag harus segera disikapi. Caranya, dengan memastikan panduan yang telah dikeluarkan tersebut benar-benar dijalankan agar kegiatan peribadatan bisa berjalan dengan aman.

“Tentunya SE ini menjadi angin segar bagi warga yang sudah rindu untuk beribadah di masjid, gereja atau rumah ibadah lainnya. Tapi harus diingat, jangan sampai ada klaster baru penularan Covid 19 dari rumah ibadah hanya karena warga antusias menyambut dibukanya rumah ibadah,” katanya, Senin 1 Juni 2020.

Pertemuan itu dihadiri Ketua MUI M. Yamin, Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja atau BAMAG Banyuwangi Pendeta Anang Sugeng, Ketua Walubi Banyuwangi Eka Wahyu, dan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia atau PHDI Banyuwangi Suminto. Tokoh Katolik Pendeta Romo Fadjar Tedjo Soekarno, dan Ketua Tri Dharma Indra Tjahjana. 

Bupati menyebutkan, jika nantinya aktivitas keagamaan di rumah ibadah pada era new normal harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ada kewajiban yang harus ditaati baik oleh pengurus rumah ibadah maupun warga yang akan beribadah.

“Kami berharap agar pengurus maupun pengelola rumah ibadah bisa menerapkan panduan new normal di rumah ibadah dengan baik. Serta mengajak jamaah atau umat agar mengikuti aturan tersebut,” ujarnya.

“Sebagai tahap awal akan dilakukan simulasi di beberapa rumah ibadah untuk memastikan protokol dijalankan. Bila yang satu sudah berhasil, maka bisa menjadi contoh bagi yang lain,” katanya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 20:35 WIB

Camat Tambaksari Manfaatkan Pendopo Kantor untuk Sekolah Daring

Surabaya

Fasilitas wifi untuk warga yang mengaku kesulitan saat sekolah daring.

06 Aug 2020 20:24 WIB

Mesum di Taman, Guru TK Digerebek Satpol PP

Jawa Timur

Kasus mesum ini terkuak atas laporan warga.

06 Aug 2020 20:10 WIB

Polresta Malang Fokus Pendisiplinan Masker Selama 2 Minggu

Jawa Timur

Disiplin masker untuk cegah penularan Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...