Pemain Persebaya, Patrich Wanggai berusaha melewati penjagaan dua pemain Persis Solo. (Foto: Fariz/Ngopibareng.id)

Babak I: Hansamu Bawa Persebaya Unggul 1-0 Atas Persis Solo

Liga Indonesia 12 January 2020 00:23 WIB

Persebaya Surabaya berhasil membuka babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Persis Solo dalam laga bertajuk Forever Game di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 11 Januari 2020.

Mengawali laga ini, tim tamu mencoba langsung menekan. Namun, upaya yang mereka lakukan selalu kandas di kaki Hansamu Yama dkk. 

Sementara Persebaya yang menurunkan mayoritas pemain muda berusaha menahan gempuran lawan. Sesekali mereka melakukan serangan balik cepat. Cara ini ternyata mampu memberikan ancaman berarti bagi gawang tim tamu.

Peluang pertama didapat melalui skema serangan balik cepat. Supriadi yang melakukan solo run dari belakang mencoba untuk membuat keunggulan. Namun sepakan keras yang ia lepaskan gagal bersarang.

Tak lama kemudian, lagi-lagi Supriadi mendapat kesempatan. Mendapat umpan terobosan. Dengan cepat ia menyisir sisi kanan lapangan hingga berhadapan dengan kiper. Namun, lagi-lagi tendangan yang ia lepaskan tak akurat.

Di menit ke-17, Persis Solo mendapat momentum untuk membobol gawang Persebaya di menit ke-17. Adalah pemain bernomor punggu 21, Nanang Asripin bebas dari kawalan. Namun tendangan voli yang ia lakukan melambung tinggi di atas mistar gawang Ernando Ari.

Bajol Ijo tak tinggal diam. Rachmat Irianto yang diplot sebagai kapten mampu membangkitkan semangat pemain lain untuk menyerang. Hasilnya, di menit ke-27 tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah Patrich Wanggai dilanggar Bruno Casmir. Hansamu Yama yang menjadi eksekutor berhasil melakukan tugasnya dengan baik.

Pasca gol, tempo menurun karena ketatnya permainan di lini tengah. Bertumpuknya pemain di lini tengah membuat kedua tim sulit mengembangkan permainan.

Di menit ke-35 Persis Solo sempat memberi ancaman ke gawang Persebaya. Namun, kesigapan pada pemain Bajul Ijo membuat peluang Persis kembali kandas.

Jelang babak pertama berakhir, Persebaya mendapat peluang emas. Namun lagi-lagi umpan tarik terukur Supriadi pada Zulfikar yang berdiri bebas gagal dikonversi menjadi gol meski kiper Wildan Mauludin sudah out of position. Sayang ada pemain lain yang dengan sigap menghentikan bola tepat di garis gawang. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2020 13:14 WIB

PLN: 1.096 Gardu Terdampak Banjir Sudah Menyala

Nasional

Sebagian besar sudah nyala

26 Feb 2020 13:09 WIB

Keluarga Anak Kiai Cabul, Janji Akan Penuhi Panggilan Penyidik

Kriminalitas

Dipastikan akan datang setelah tim negosiasi telah bertemu keluarga

26 Feb 2020 12:51 WIB

Gabung Arema FC, Feby Eka Putra Optimistis Dapat Menit Bermain

Liga Indonesia

Ungkap kepindahan ke Arema juga faktor keluarga

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.