Atlet Wushu putra, Edgar Xavier Marvelo. (Foto: Instagram Kemenpora)

Ayah Meninggal, Atlet Wushu Edgar Trending

Lain-lain 03 December 2019 13:21 WIB

Atlet Wushu putra, Edgar Xavier Marvelo menorehkan prestasi di SEA Games 2019 Filipina. Atlet Wushu asal DKI Jakarta ini berhasil merebut dua medali emas.

Dikutip dari cuitan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Edgar Xavier Marvelo berhasil merebut emas di nomor Taolu Daoshu/ Gunshu Combine. Medali yang ia peroleh merupakan emas ketujuh untuk Indonesia.

Mirisnya, prestasi gemilang Edgar Xavier Marvelo justru diperoleh di tengah kabar duka atas meninggalnya sang ayah pada Selasa, 3 Desember 2019 dini hari.

Akun Twitter @BadmintonTalk pun membagikan soal berita pilu sekaligus membanggakan ini. Menurut akun tersebut, Edgar Xavier Marvelo langsung tak bisa menahan kesedihannya usai menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai atlet perwakilan Indonesia.

"Dini hari tadi, ayahnya meninggal dunia. Dan Edgar menangis usai tanding," tulis akun tersebut, membagikan kondisi sang atlet.

Edgar Xavier Marvelo disebut berencana untuk pulang ke Tanah Air usai pertandingan. Sayangnya, rencana itu terpaksa dibatalkan mengingat kondisi cuaca di Filipina tengah tak menjanjikan. Topan Kammuri memang sedang menyambangi Filipina, tepatnya di lokasi-lokasi vital pelaksanaan SEA Games 2019.

Informasi soal Edgar Xavier Marvelo ini membuat publik kompak terenyuh. Hal ini membuat nama Edgar Xavier Marvelo pun memuncaki daftar Trending Topic Indonesia, tepatnya berada di urutan ketiga mengalahkan berita Ledakan di Monas.

Profil Edgar Xavier Marvel

Edgar Xavier Marvelo berlatih wushu sejak berusia 6 tahun. Setelah itu, ia pun menekuni olahraga ini hingga menginjak usia 13 tahun. Pria kelahiran 16 Desember 1998 ini berhasil merebut medali emas di ajang Kejuaraan Wushu Dunia tingkat junior.

Selanjutnya, ia meraih prestasi di perhelatan Asean Schools Games Filipina 2014 dan Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015. Saat berusia 18 tahun, Edgar Xavier Marvelo dikirim ke Kazan, Rusia untuk mengikuti Kejuaraan Wushu Dunia. Dia berhasil membawa pulang perak untuk Indonesia.

Masih di usia yang sama, laki-laki yang suka traveling ini juga memperoleh perunggu di SEA Games 2017 yang diselenggarakan di Malaysia. Di perhelatan Asian Games 2018, Edgar Xavier Marvelo meraih medali perak di kelas Cangquan dengan point 9.72. Ia kalah tipis dari Sun Peiyuwan, atlet asal China yang memperoleh skor 9.75.

Tak hanya berpestasi sebagai atlet wushu, penggemar film-film kungfu ini juga berprestasi di sekolah. Pendidikan di SMP dan SMA Jubilee School berhasil menyelesaikan hanya dalam 4 tahun. Berbeda dengan orang-orang pada umumnya yang menghabiskan waktu 6 tahun.

Prestasi:

Medali Emas Kejuaraan Wushu Dunia Junior Singapura 2011

Medali Emas Asean Schools Games Filipina 2014

Medali Emas Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015

Medali Perak Kejuaraan Wushu Dunia Kazan, Rusia 2017

Medali Perunggu SEA Games Malaysia 2017

Medali Perak kelas Cangquan Putra, Jakarta, Asian Games 2018

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

15 Dec 2019 18:10 WIB

Khofifah Bangga Atlet Jatim Penyumbang Emas Terbanyak Indonesia

Lain-lain

Dari 72 emas yang didapat Indonesia di SEA Games, 26 kepingnya dihasilkan atlet Jatim

12 Dec 2019 14:02 WIB

Cerita Mahasiswa Unusa yang Berhasil Meraih Medali Emas SEA Games

Unusa Gateway

Ia harus sering meninggalkan bangku kuliah demi berlatih keras di Jakarta

12 Dec 2019 10:59 WIB

Menpora Belajar dari Vietnam Usai Timnas U-22 Kalah di SEA Games

Timnas

Sedang susun roadmap pengembangan sepakbola nasional

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.