Awali Pembangunan RSNU di Bojonegoro, Ini Pesan Rais Am PBNU

25 Aug 2019 22:29 Khazanah

Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama' (PBNU) KH Miftachul Akhyar, berpesan, pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama merupakan pelayanan kepada umat dan masyarakat. Selain itu, eksistensi NU akan dirasakan kehadiran di tengah masyarakat secara luas.

"Bangun rumah sakit, semoga tidak sampai 2 tahun sudah jadi. Sebagai organisasi terbesar, NU harus besar dalam pelayanannya kepada umat. Dengan pendirian rumah sakit ini mari kita besarkan NU," tegasnya.

Kiai Miftachul Akhyar menegaskan hal itu, saat acara peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama' (RSNU) Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, sekaligus Masjid Kiai Hasyim Asy'ari, Minggu 25 Agustus 2019.

Dalam kegiatan peletakan batu pertama tersebut, Kiai Miftachul Akhyar didampingi Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Nahdaltul Ulama' (NU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar dan Bupati Bojonegoro, Hj Anna Mu'awanah.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuki Mustamar mendoakan agar semoga RSNU tidak hanya memiliki nama NU semata. Melain juga, direkturnya harus NU, dokternya NU, dan juga perawatnya harus NU.

"Orang NU wajib punya Rumah Sakit sendiri, dan wajib urunan," tandasnya.

Kiai Marzuki berpesan, agar pengurus NU khususnya ranting dan MWC tugasnya membereskan surat-suratnya ikrar wakaf yang semua pihak sudah tanda tangan.

Dalam acara tersebut hadir pula Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Bojonegoro beserta Badan Otonomnya dan juga Wajelis Wakil Cabang (MWC) beserta banomnya sekaligus ribuan Nahdliyin asal Kecamatan Kedungadem dan sekitarnya. Mereka selain menghadiri acara peletakan batu pertama sekaligus mengikuti istighosah kubro dipimpin Rais Syuriah PCNU Bojonegoro KH. Harsono.

Segenap tokoh masyarakat dan pengurus PCNU Bojonegoro mengaku sangat mengapresiasi dan mengacungkan jempol kepada MWCNU Kedungadem. Sebab, MWCNU Kedungadem merupakan pendiri RSNU pertama di Bojonegoro.

Dengan terwujudnya RSNU di Kabupaten Bojonegoro, membuktikan peran aktif para pengurus dan warga Nahdliyin berpartisispasi atas pembangunan di masyarakat. RSNU merupakan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan. Selain itu, bidang pendidikan, yang harus dipelopori oleh MWCNU Kedungadem.

Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya, yang kini berkembang di Jalan A Yani Surabaya dan RSI Jemursari Surabaya, merupakan pelopor rumah sakit di lingkungan NU Jawa Timur. Kini semakin berkembang di sejumlah daerah, seperti di RSNU Banyuwangi, RSNU Tuban, RSNU Jombang, RSI Siti Hadjar Sidoarjo, dll. Semua itu, menunjukkan eksistensi NU dalam pengabdian dan pelayanan kepada umat di bidang kesehatan.