Atasi Serangan Malware Ganas Spectre dan Meltdown, Intel Siapkan Prosesor Baru

30 Jan 2018 06:28 Teknologi & Inovasi

Serangan malware ganas masing-masing Spectre dan Meltdown yang sempat terendus di awal Januari 2018 lalu dan sempat menghebohkan dunia, sampai dengan saat ini banyak komputer atau perangkat komunikasi lain yang dalam kondisi bahaya rentan terhadap serangan tersebut.

Bicara penangkal, wabah malware ini ternyata cukup rumit untuk diatasi, pasalnya ia menyerang dari sisi desain cara kerja sebagian besar prosesor modern yang beredar di pasaran. Serangan malware Spectre dan Meltdown adalah kemampuannya mencuri atau membuka data meskipun di dalamnya terhadap sistem pengamanan anti hacking, bahkan, teknik mencuri datanya tersebut bisa dilakukan dari jarak jauh saat hardware seperti komputer pc, lapptop, gadget hingga smartphone terhubung lewat jaringan cloud.

Cara yang paling efektif untuk menangkal serangan malware Spectre dan Meltdown biasanya dilakukan lewat microcode untuk mengubah cara kerja prosesor. Tapi microcode ini akan berdampak pada semakin menurunnya kinerja dan performa prosesor. Untuk penangkalan yang memadai, setidaknya butuh prosesor dengan desain hardware baru.

Ini pulalah yang menjadi konsentrasi Intel selaku penghasil prosesor terbesar dunia untuk merancang prosesor dengan disain baru yang tidak bisa ditembus malware Spectre dan Meltdown. CEO Intel, Brian Krzanich, telah mengonfirmasi bahwa semua prosesor Intel yang dirilis pada tahun 2018 akan memiliki hardware yang kebal terhadap dua malware tersebut.

Para produsen hardware seperti Intel yang sudah mengetahui keberadaan eksploitasi serangan malware tersebut dan langsung mengeluarkan update atau patch untuk mencegah kebocoran lebih jauh. Untuk itu disarankan bagi Anda pengguna perangkat komputer pc, laptop, gadget hingga smartpphone untuk rajin melakukan update sistem operasi yang diyakini itu sebagai penangkal serangan malware ganas Spectre dan Meltdown.

Penulis : Okky Tri Hutomo


Bagikan artikel ini