Atasi Corona, Pemerintah Malaysia Periksa Penumpang Internasional

25 Jan 2020 18:50 Nasional

Malaysia meningkatkan kewaspadaan untuk membendung penyebaran virus corona setelah tiga kasus ditemukan di negara tersebut. Penerintah setempat meminta warganya untuk tidak bepergian ke China dalam waktu dekat, serta memeriksa seluruh penumpan internasional di bandara.

“Kami akan meningkatka status kewaspadaan, kami sedang dalam waspada tinggi,” kata Menteri Kesehatan Malaysia Dzulkefly Ahmad.

Malaysia telah menunjuk sejumlah rumah sakit di seluruh negeri untuk menangani kasus dan melakukan isolasi. Dokter dan perawat juga telah dibekali peralatan untuk melindungi dari dari tertular virus.

Kementerian keuangan di Malaysia juga meningkatkan anggaran untuk mengatasi virus corona.

Namun, Malaysia tidak memberlakukan aturan untuk menghentikan arus kunjungan dari China. Perdana Menteri Malaysia Mahatir Muhammad mengatakan jika pemerintah belum memiliki rencana itu.

“Kami tidak akan melarang (turis China), tapi kami akan memeriksa mereka, kami akan memastikan itu,” katanya pada reporter.

“Kami mampu mendeteksi kasus di tahap awal, meski tidak ada suhu badan yang meningkat, namun ada bukti jika mereka terpapar virus,” lanjutnya, dikutip dari Straits Times.

Otoritas bandara di Malaysia juga bekerja sama dengan kementerian kesehatan untuk melakukan pemeriksaan ketat kepada penumpang internasional, termasuk menggunakan sensor suhu badan dan menyiapkan peralatan medis untuk tujuan karantina.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka


Bagikan artikel ini