Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution saat ditemui di Pos Pelayanan Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id) (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Arus Balik Tahun Baru, Volume Kendaraan di Kota Malang Landai

03 Jan 2021 20:47

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Volume kendaraan arus balik libur tahun baru di Kota Malang tampak landai. Hal ini karena banyak pengendara memilih jalur balik Karangploso ke yang tembus Tol Singosari.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan arus balik liburan tahun di Kota Malang sepi. 

"Arus lalu lintas dari Batu kebanyakan turun via Karangploso yang langsung menuju tol Singosari. Mereka tidak lewat kota Malang," ujarnya, Minggu 3 Januari 2020.

Lanjut Rama, selain itu jeda antara libur natal dan libur tahun baru juga menjadi penyebab arus lalu lintas yang melewati Kota Malang menjadi berkurang.

"Pantauan kita arus lalu lintas lancar. Mungkin wisatawan liburannya terbagi. Ada jeda dari libur natal dan tahun baru yang berakhir hari ini," katanya.

Di samping itu, yang menjadi penyebab volume kendaraan di Kota Malang landai saat libur tahun baru, karena semakin sadarnya masyarakat terkait ancaman penyebaran virus corona.

Hal ini membuat masyarakat lebih memilih untuk menghabiskan liburan tahun baru kali ini dengan merayakannya di rumah masing-masing.

"Bisa jadi sosialisasi protokol kesehatan banyak yang sudah mengerti. Sehingga mereka lebih waspada dan hati-hati. Lebih memilih liburan di rumah masing-masing," katanya.

Rama menambahkan untuk puncak kepadatan arus kendaraan di Kota Malang saat arus balik tahun baru terjadi sekitar siang tadi, namun tidak terlalu signifikan volume kendaraannya.

"Kalau jalur Kota Malang sendiri tidak terlalu signifikan kenaikannya, karena lebih banyak jalur melalui Kabupaten Malang, di Karangploso," ujarnya.