Arus Balik, 60.000 Pemudik Diprediksi Tiba di Terminal Purabaya

08 Jun 2019 15:44 Mudik

Memasuki arus balik lebaran, Terminal Pirabaya tengah bersiap menyambut para pemudik yang menggubakan trabsportasi bus. Prediksinya akan ada 60.000 penumpang yang akan turun di terminal terbesar di Jawa Timur tersebut pada puncak arus Balik di H+3 hingga H+7 nanti.

Kepala Sub Terminal Purabaya, Imam Hidayat menyampaikan pihaknya telah menargetkan akan ada 60.000 pemudik yang akan turun. Oleh sebab itu saat ini ia beserta jajarannya tengah bersiap menyambut para pemudik yang balik dari kampung halaman.

"Kami targetkan akan ada 60.000 penumpang perharinya saat arus balik ini," kata Imam saat dikonfirmasi, Sabtu 8 Juni 2019.

Namun ia masih belum bisa memperkirakan kapan puncak arus mudik tersebut terjadi. Pasalnya seperti pada arus mudik kemarin, Imam memprediksi akan terjadi puncak mudik H-3 lebaran. Tapi kenyataannya H-2 baru terjadi lonjakan penumpang secara signifikan.

"Kita belum bisa memastikan seperti puncak mudik kemarin. Untuk arus balik memang kita perkirakan H+3, tapi saat ini masih landai, kemungkinan besok, karena rata-rata Senin sudah pada masuk kerja," lanjut Imam.

Berdasarkan data penumpang terakhir pada Jumat 7 Juni 2019, petugas Terminal Purabaya mencatat telah kedatangan 43.245 pemudik, yang didominasi dari Tulungagung, Malang, Banyuwangi dan Yogyakarta.

Hingga saat ini target 60.000 pemudik yang tiba di Terminal Purabaya diprediksi akan terjadi pada besok, Minggu 9 Juni 2019. Karena hari tersebut merupakan terakhir masssa libur lebaran. (hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini