Arumi Ngaku, Tak Jago Ngulek Bumbu

11 Jul 2019 15:20 Jawa Timur

Ketua PKK Jawa Timur Arumi Bachsin demo masak bersama Chef Sisca Soewitomo. Saat diajak membuat bumbu, Arumi mengaku kalau dirinya jarang menumbuk bumbu hingga halus.

"Saya kalau di rumah jarang numbuk bumbu sampai halus seperti begini. Biasanya sih pakai blender. Kalau manual pasti kasar," ucap Arumi saat acara Pertemuan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan Jawa Timur) di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Kamis, 11 Juli 2019.

Bersama Chef Sisca, Arumi diajarkan bagaimana memasak menu dengan hidangan utama ikan. Tak lama Arumi mencoba masakan ikan dori saus telur asin. Menurut Arumi rasanya begitu lezat. "Lezat sekali, lebih enak buatan Chef Sisca daripada saya," ucap Arumi.

Usai memasak dan mencoba hidangan Chef Sisca, Arumi mengajak hadirin yang didominasi wanita untuk selalu memberi hidangan ikan kepada buah hati mereka. Arumi menilai kandungan protein dalam ikan dapat menambah kecerdasan pada anak-anak.

"Karena Indonesia ini termasuk tingkat konsumsi ikannya rendah ya. Jadi saya harap Ibu-ibu memberi hidangan ikan kepada anak-anaknya agar dapat mendukung pertumbuhan dan intelegensia pada buah hati mereka," terang Arumi.

Arumi menjelaskan bahwa dirinya bersama Ibu-ibu istri dari Kepala daerah di Jatim berdiskusi mengenai bintang tamu dalam acara yang Forikan Jatim ini. Arumi sengaja memilih Chef Sisca sebagai undangan khusus supaya Ibu-ibu pejabat dapat pengalaman masak yang lebih banyak.

"Karena Ibu-ibu itu bosan dengan masakan di rumah, akhirnya pilih chef Sisca untuk menambah pengetahuan dan skill kita. Biar suami juga gak bosan ya dengan masakan kita di rumah," canda Arumi.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim, Gunawan Saleh mengatakan acara diselenggarakan setiap tahun. Selain demo memasak, ajang ini juga mengedukasi bahwa ikan merupakan menu pilihan yang baik untuk keluarga.

"Jadi kita mengedukasi kepada Ibu-ibu, khususnya untuk mengkonsumsi ikan setiap harinya. Ikan ini kan makanan anti mlarat (miskin) karena harganya murah dan bergizi," tuturnya.

Selain demo masak, acara ini juga diisi lomba yang diikuti masing-masing kabupaten/kota perwakilan di Jatim. Kabupaten Sampang menjadi pemenang dalam lomba mengolah bahan baku ikan kali ini. 

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini