Arif Afandi (paling kiri), saat berbicara di peringatan hari lahir PWNU Jatim. (Foto: Andhi Dwi/Ngopibareng.id)

Arif Afandi Optimis, Media NU dapat Bersaing dengan Media Umum

Jawa Timur 14 March 2020 21:30 WIB

Di tengah persaingan media yang semakin ketat, media yang menyasar pembaca kaum Nahdliyin harusnya bisa bertahan. Bahkan tak menutup kemungkinan, bisa lebih besar dibandingkan dengan media umum. Sejarah pernah mencatat hal tersebut.

Praktisi media sekaligus CEO Ngopibareng.id menyebut optimis media NU bisa bersaing dengan media nasional. Bahkan dengan media asing. Dia mempunyai keyakinan tersebut bukannya tanpa alasan. Kata dia, warga NU yang jumlahnya jutaan itu, harusnya bisa menjadi pembaca potensial media NU.

"Saya yakin media NU mampu berada di rating dunia. Karena jumlah warga NU secara kuantitas sangat luar biasa. Ada 100 juta lebih,” kata Arif Afandi saat menjadi pembicara dalam Halaqoh Media NU dan Pesantren se-Jawa Timur, Sabtu, 14 Maret 2020 di Kantor PWNU Jawa Timur.

Kata Arif, media NU memiliki pangsa pasar yang jelas. Jumlahnya mencapai 100juta lebih. Dengan modal seperti ini, media NU harusnya bisa melampaui alibaba.com. Apalagi sejarah pernah membuktikan media NU bisa melebihi media nasional dalam hal oplah.

"Seperti Majalah Aula, oplahnya pernah melewati Koran Tempo. Jadi secara kualitas dan kuantitas sangat luar biasa. Optimis kita mampu,” ujar Arif.

Namun, untuk mengulang masa kejayaan itu, Arif menyebut ada syarat yang harus dilakukan, yaitu terus mengikuti perkembangan zaman. Misalnya, seperti yang masuk dalam era digital.

“Zaman digital seperti sekarang, media NU harus membekali diri mulai dari bagaimana memahami  web development, bagaimana memahami coding, paham SEO (Search Engine Optimation) agar bisa nyambung di Google, sehingga jika disejajarkan dengan media lain,” jelasnya.

Halaqoh Media NU dan Pesantren se-Jawa Timur, merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan hari lahirnya PWNU Jatim. Selain Arif Afandi yang menjadi pembicara, ada pula beberapa praktisi media lainnya yang ikut menjadi narasumber.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Aug 2020 15:15 WIB

Kantongi Rekom dari Luar Partai, Gus Yani: Saya Masih Kader PKB

Pilkada

Usung perubahan untuk Gresik.

11 Aug 2020 15:03 WIB

Siswi SMP Olah Kulit Pisang Jadi Nugget dan Pupuk Cair

Teknologi dan Inovasi

Masih muda tapi sudah berprestasi

11 Aug 2020 14:57 WIB

Ini Deretan Pemain Top yang Menjadi Korban Zidane

Liga Spanyol

Terbaru, Gareth Bale dipastikan dicoret dari daftar pemain Madrid

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...