Arie Untung dan Teman Artis Kajian Upacara Bendera Pakai Gamis

18 Aug 2019 10:40 Selebriti

Memperingati HUT RI Ke-74, Arie Untung melaksanakan upacara pengibaran bendera di halaman sebuah masjid di kawasan Bintaro, Tangeran Selatan, Sabtu 17 Agustus 2019.

Tak sendiri, Arie Untung terlihat bersama dengan artis lainnya yang tergabung dalam Kajian Musyawarah, seperti Irwansyah, Ricky Harun, Rizal Armada, dan Teuku Wisnu.

"Upacara Bendera tadi pagi ala @kajianmusawarah ternyata menyenangkan ya inget masa kecil. Semoga Allah merahmati kita semua. Aamiin," tulis Arie Untung dalam unggahan fotonya di Instagram.

Yang menarik, jika upacara kerap dilakukan dengan mengenakan busana formal atau busana adat nusantara, lain halnya dengan Arie Untung dan teman-teman pengajiannya.
Mereka melaksanakan upacara mengenakan gamis putih dan kopiah hitam.

Tentu saja netter bangga melihat potret di atas. Mereka senang menyaksikan artis-artis yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi. Namun sayangnya, tudingan soal menjadi kaum radikal rupanya juga terselip.

Radikal sendiri merupakan sekumpulan orang yang menuntut adanya perubahan sistem pemerintahan dalam berpikir mau pun bertindak.

Disadari Arie, busana yang ia kenakan mengundang tanda tanya publik. Suami Fenita Arie itu punya penjelasan soal ini.

"Sebelum ada yg nanya kok bajunya ke arab2an? Yes balik lagi ke yg atas. Kita justru pakai baju seperti ini krena bangga sama para pejuang2 kita yg sudah mempertaruhkan nyawa dng gamisnya bahkan sebelum Indonesia dilahirkan, mereka menjaga indonesia dari masuknya faham2 penjajah," tulis Arie Untung di unggahan lainnya.

Dijelaskan Arie Untung, gamis yang ia kenakan saat upacara merupakan busana yang biasa dikenakan oleh para santri dan ulama yang ikut berjuang melawan penjajah.

"Ini adalah kostum santri dari para kiyai pahlawan kita KH Hasyim Ashari (NU), KH Ahmad Dahlan (Muhammadiyah), Pangeran Diponegoro, Wali songo, Teuku Umar, Tuanku imam bonjol, Sultan Ageng, Masih byk lagi."

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini