Argentina Tantang Brasil di Semifinal Piala Amerika 2019

29 Jun 2019 06:00 Dunia

Argentina memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Amerika 2019, usai menyingkirkan Venezuela di babak perempat final. Di semifinal, La Albiceleste akan menantang tuan rumah Brasil.

Bertanding di Estadio do Maracana, Brasil, Sabtu 29 Juni 2019, Argentina langsung mengancam gawang Venezuela di awal laga. Sergio Aguero nyaris membawa Argentina unggul di menit ke-3, sayangnya tembakan dari pemain asal Manchester City tersebut berhasil diblok oleh kiper Venezuela, Wuilker Farinez.

Terus menekan di awal laga, Argentina berhasil mencetak gol melalui Lautaro Martinez di menit ke-10. Berawal dari tendangan sudut yang diambil oleh Lionel Messi, bola diteruskan oleh Aguero yang kemudian disontek oleh Martinez ke dalam gawang. 1-0 Argentina unggul.

Argentina terus menguasai pertandingan di babak pertama. Tercatat anak asuh dari Lionel Scaloni memiliki penguasaan bola 62 persen berbanding 38 persen. Sementara Venezuela bermain menunggu dan sesekali melakukan serangan balik.

Beberapa peluang didapat oleh pemain Argentina sepeti peluang Messi menit ke 30 yang berhasil diblok oleh kiper Venezuela. Hingga wasit Wilmar Roldan asal Colombia meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan Argentina tidak berubah.

Di babak kedua, Argentina masih menguasai jalannya pertandingan. Martinez memiliki peluang emas saat dirinya berhasil lepas dari kawalan lini belakang Venezuela. Sayangnya, sepakan dari pemain Inter Milan tersebut justru tidak mengarah ke gawang.

 

Venezuela berusaha membalas. Peluang emas pertama mereka di laga ini datang pada menit 71. Ronald Hernandez yang tinggal berhadapan dengan kiper Argentina, Franco Armani usai lolos dari jebakan offside gagal menaklukan kiper.

 

Alih-alih mencetak gol penyama, Venezuela justru kembali kebobolan di menit ke-75. Giovani Lo Celso yang baru masuk ke lapangan menit ke-68 berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan kesalahan kiper Venezuela. 2-0 Argentina menjauh.

 

Hingga 90 menit berakhirnya laga, skor 2-0 untuk Argentina tidak berubah. Hasil ini membuat Lionel Messi cs berhasil melangkah ke babak semifinal. Di babak tersebut, Argentina akan menantang tuan rumah Brasil yang sebelumnya lolos usai menang adu pinalti melawan Paraguay.

Partai ini disebut final dini karena kedua negara adalah unggulan pertama dan kedua di turnamen. (faq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini