Kim Jaejoong. (Foto: Allkpop)

April Mop Positif Covid-19, Kim Jaejoong Terancam Penjara 5 Tahun

ngopiK-pop 01 April 2020 23:15 WIB

Kim Jaejoong membuat terkejut penggemarnya karena tiba-tiba mengaku telah terinfeksi virus corona. Kabar ini disampaikan langsung oleh penyanyi berusia 35 tahun ini melalui akun Instagram pribadinya.

Lewat background foto berwarna hitam, Kim Jae Joong menyampaikan kabar mengejutkan ini. Dia terpapar virus corona karena kelalaian pribadi.

"Saya terinfeksi Covid-19. Ini semua karena ketidakpedulian saya yang mengabaikan saran yang diberikan oleh pemerintah dan semua orang di sekitar saya," tulis Kim Jae Joong, Rabu 1 April 2020.

"Sungguh mengherankan bagaimana tindakan seseorang bisa secara signifikan mempengaruhi masyarakat secara luas," sambung personel JYJ ini.

Setelah membuat pengumuman mengejutkan soal dirinya yang dinyatakan positif Covid-19, Kim Jaejoong kembali membuat pernyataan kontroversial. Dia mengganti pesan di foto yang sama di akun instagramnya dengan menulis bahwa kabar soal Covid-19 hanyalah bualan di hari April Mop, atau tradisi mengatakan kebohongan yang dilakukan di tanggal 1 April.

“Bagaimana jika orang yang kita cintai, seseorang yang berharga bagi kita, terkontaminasi virus? Ini adalah hal memilukan untuk dipikirkan,” tulis Kim Jaejoong.

Kim Jaejoong mengaku kalau dia menggunakan isu wabah Covid-19 sebagai bualan di hari April Mop dengan alasan untuk mengingatkan kepada banyak orang mengenai pentingnya menjaga diri dari bahaya virus Corona.

“Masih banyak orang yang berjalan di jalanan dan menjalani hidup tanpa perlindungan diri, mengabaikannya, dan berpikir hal itu (Covid-19) tidak akan terjadi pada mereka dan itu membuat saya sangat khawatir.

Mungkin saja teman-teman dan keluarga saya ikut sakit. Meyakini bahwa kita dan orang-orang di sekitar kita aman akan membuat kita dan semua di sekitar kita menjadi sakit,” tulis Kim Jaejoong panjang lebar.

Kim Jaejoong juga mengatakan saat ini, banyak orang-orang yang dia kenal juga orang-orang di dunia hiburan yang telah positif Covid-19. Itu sebabnya dia merasa penting untuk menyadarkan banyak orang mengenai bahaya virus corona.

“Tetap waspada saat ini. Inilah yang saya katakan pada diri saya berulang-ulang. Meski bualan ini agak keterlaluan untuk April Mop, banyak orang mengkhawatirkan saya dalam waktu singkat. Saya ingin memberi tahu kalian bahwa melindungi diri sendiri sama dengan melindungi orang-orang berharga di sekitar kalian,” lanjut Kim Jaejoong.

Saat ini Kim Jaejoong tengah berada di Jepang. Menyadari bualannya soal Covid-19 bisa memancing kontroversi, Kim Jaejoong mengaku siap menerima hukuman dan hujatan akibat postingannya yang kontroversial tersebut.

Sementara itu, markas anti-epidemi KCDC memberikan pernyataan kepada media terkait guyonan dari pelantun Love You More itu.

"Kami saat ini sedang menyelidiki situasi terkait kasus Jaejoong. Ini melibatkan penyebaran informasi palsu, jadi kami sedang mendiskusikan bagaimana tepatnya hukuman akan dilaksanakan. Otoritas karantina dapat menangkap orang yang melakukan panggilan telepon jahat atau menyebabkan kebingungan, tapi ini membutuhkan pertimbangan internal karena dilakukan oleh seorang selebriti di media sosial," ujar pihak KCDC.

Di bawah undang-undang saat ini, "kejahatan terhadap penghalang keadilan oleh hierarki" dibebankan kepada mereka yang menghalangi tugas dengan menipu atau menipu pejabat pemerintah atau lembaga negara. Mereka yang dinyatakan bersalah dapat dihukum 5 tahun penjara atau denda 10 juta Won, atau sekitar Rp135 juta.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Aug 2020 22:35 WIB

Satu Tenaga Kesehatan di Banyuwangi Terpapar Covid-19

Jawa Timur

Terdapat tambahan tujuh kasus Covid-19 baru di Banyuwangi.

12 Aug 2020 22:15 WIB

Surabaya Zona Orange, Pemkot Tak Ingin Longgarkan Protokol Covid

Surabaya

Pemkot Surabaya tetap mengimbau masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan.

12 Aug 2020 21:50 WIB

18 Agustus, Jawa Timur Uji Coba Buka Sekolah SMA/SMK

Pendidikan

Zona orange 50 persen, zona kuning 25 persen.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...