Apple keluarkan iOS terbaru, 13,5 yang terintegrasi dengan aplikasi pelacak covid-19 milik otoritas kesehatan setempat. (Unsplash.com)

Apple Rilis iOS 13,5 di Tengah Pandemi, Ini Kelebihannya

Gadget 22 May 2020 13:15 WIB

Apple iOS 13,5 telah keluar. Sistem operasi terbaru dari Apple ini memiliki sejumlah kelebihan, termasuk integrasi dengan aplikasi pelacak kontak covid-19 dengan data bersumber dari otoritas kesehatan setempat.

Dilansir dari Forbes, iOS 13,5 disebut bisa berjalan untuk gawai yang mendukung iOS 13. Di antaranya seperti iPhone 6S dan yang lebih baru, serta generasi ketujuh dari iPod Touch.

Pemilik gawai disebutkan bakal mendapatkan pemberitahuan untuk upgrade, tapi bila tidak, pemilik bisa mengupgrade secara manual.

Forbes menyebut jika iOS terbaru Apple sampai saat berita ditulis mendapat review yang positif, pada Jumat 21 Mei 2020. Sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh iOS 13,5 ini antara lain ada pada fitur Face ID dan kode masuk.

Proses membuka gawai yang dilengkapi dengan pengenalan wajah atau Face ID menjadi lebih sederhana, terutama jika menggunakan masker. Blok isian untuk kunci masuk segera keluar di layar utama setelah layar digeser dari bawah, jika menggunakan masker.

Berikutnya fitur Exposure notification bekerja untuk mendukung aplikasi pelacakan kontak covid-19 dengan otoritas kesehatan setempat.

Selain itu, Facetime kini dilengkapi dengan kontrol otomatis, sehingga mencegah ukuran video berubah, jika pengguna sedang berbicara terutama dalam grup Facetime.

Ada pula layanana darurat yang bekerja secara otomatis degan membagikan informasi kesehatan dan catatan medis lain jika sedang menghubungi layanan medis darurat, meski fitur ini hanya bisa digunakan di Amerika Serikat saja.

Sementara, aplikasi pelacakan kontak disebut sebagai fitur yang istimewa di iOS 13,5 ini. Prosesnya disebut berlangsung secara anonim dan memungkinkan pengguna mengetahui jika berdekatan dengan seseorang yang positif covid-19.

Aplikasi itu juga memungkinkan pengguna yang terkonfirmasi positif covid-19, untuk mengingatkan kontak lain yang memiliki riwayat perjumpaan. Aplikasi ini juga bisa dimatikan secara manual.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 May 2020 18:58 WIB

Pangkogabwilhan II Pantau Langsung Keseriusan Jatim Tangani Covid

Surabaya

Surabaya jadi epicentrum penyebaran Covid-19.

28 May 2020 18:45 WIB

Taman Rekreasi di Jepang akan Dibuka, Pengunjung Dilarang Teriak

Internasional

Taman rekreasi di Jepang akan buka, dengan beberapa syarat untuk pengunjun.

28 May 2020 18:36 WIB

Gugus Tugas Bali Cek Filterisasi di Pelabuhan Ketapang

Jawa Timur

Petugas ditempatkan di check point sebelum masuk Pelabuhan Ketapang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.