Credit image Apple.com

Apple Perkenalkan Pengalaman Baru Pengguna iPhone dengan iOS 14

Aplikasi 24 June 2020 05:34 WIB

22 Juni, 2020. Dari California, Apple memperkenalkan iOS terbaru yaitu iOS 14. Sistem yang dirilis ini memiliki unggahan terbaru untuk halaman layar beranda dengan widget yang dirancang ulang dengan indah dan ‘Library Apps’.  Inilah cara baru untuk memanfaatkan App Store dengan Klip Aplikasi, pembaruan yang kuat untuk pesan, dan masih banyak lagi.

Widget baru ini dapat memberikan informasi real time dengan sekilas dan dapat diatur dalam berbagai ukuran pada halaman layar beranda. Ditambah, pengguna dapat membuat ‘Smart Stack of widgets’, yang dapat memanfaatkan intelijen perangkat untuk memunculkan widget yang tepat berdasarkan waktu, lokasi, dan aktivitas.

Selain itu, halaman layar beranda dapat menampilkan widget yang disesuaikan untuk pekerjaan, perjalanan, olahraga, hiburan dan bidan menarik lainnya. Di akhir bagian halaman beranda, adalah App Library, ruang baru yang secara otomatis merapihkan semua aplikasi user menjadi satu tampilan sederhana, mudah dinavigasi, dan secara cerdas dapat memunculkan aplikasi yang mungkin dapat membantu saat ini.

Ditambah, pengguna dapat memilih berapa banyak halaman layar utama untuk ditampilkan dan dengan mudah menyembunyikan halaman untuk akses lebih cepat ke ‘Library App’.

Fitur FaceTime dan panggilan telepon masuk dan interaksi Siri diperbarui dengan desain kompak yang memungkinkan pengguna untuk tetap dalam konteks apa yang mereka lakukan. Dengan tambahan fitur Picture-in-Picture, pengguna sekarang dapat menonton video atau melakukan panggilan FaceTime saat menggunakan aplikasi lain.

Menurut Wakil Presiden Senior Apple untuk Rekayasa Perangkat Lunak, Craig Federighi, iOS 14 ini akan mengubah elemen paling ikonik dari pengalaman iPhone dan dengan segala pembaharuan, iPhone akan menjadi lebih kuat dan lebih mudah digunakan.

Beberapa fitur baru yang diperkenalkan adalah sebagai berikut:

App Clips, Cara Baru Mencari dan Menggunakan Apps

App Clip adalah salah satu bagian kecil dari pengalaman aplikasi yang didesign untuk menemukan momen yang dibutuhkan. App Clip terhubung dengan beberapa produk dan bisnis, dan memuat dalam hitungan detik untuk menyelesaikan tugas tertentu, seperti menyewa skuter, membeli kopi, atau mengisi meter parkir.

Fitur ini dapat dengan mudah digunakan melalui scan kode App Clip, atau melalui NFC tags dan kode QR, atau dibagikan di Messages atau dari Safari, dengan semua keamanan dan privasi yang dijanjikan dari aplikasi-aplikasi.

Pembaharuan terhadap Percakapan di Messages

Pembaharuan ini akan memudahkan pengguna untuk tetap terkoneksi dan dapat dengan cepat mengakses SMS yang penting. Pengguna dapat menandai percakapan dan mengurutkannya dari atas daftar, bisa lebih mengikuti percakapan group dengan adanya ‘mentions’ dan inline replies, serta fitur yang mengatur penggunaan foto atau emoji untuk percakapan group.

Eksplor dan Panduan Baru di Maps yang Lebih Hijau

Di iOS baru, fitur Maps akan lebih memudahkan pengguna untuk me-navigasi dan mengeksplor jalur bersepda, jalur kendaraan listrik, dan panduan yang dikurator. Maps akan bisa mengidentifikasi ketinggian akun, seberapa sibuk jalan, dan apakah ada tangga di sepanjang rute untuk pesepeda.

Perutean kendaraan listrik pun dilengkapi dengan informasi terkait penghentian pengisian di sepanjang rute yang direncanakan berdasarkan pada jenis muatan dan pengisi daya kendaraan saat ini.

Panduan juga menyediakan daftar tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di kota, yang dibuat oleh sejumlah sumber daya terpercaya. Termasuk menemukan tempat-tempat baru untuk makan, tempat-tempat populer, dan menjelajahi rekomendasi baru yang terpecaya.

Lebih Transparan dengan Pembaharuan Fitur Privasi

Semua aplikasi sekarang akan diminta untuk mendapatkan izin pengguna sebelum pelacakan. Akhir tahun ini, App Store akan menampilkan ringkasan dari praktik privasi yang dilaporkan sendiri oleh developers, dan ditampilkan dalam format yang sederhana dan mudah dipahami.

Selain itu, pengguna dapat membarui akun yang sudah  ada untuk masuk dengan Apple, memilih untuk membagikan perkiraan lokasi mereka dengan developer aplikasi daripada lokasi tepatnya saat memberikan akses lokasi aplikasi, dan mendapatkan lebih banyak transparansi dalam penggunaan mikrofon dan kamera menggunakan aplikasi.

Fitur Tambahan Lainnya

● Translate: yang didesign untuk lebih mudah menerjemahkan percakapan, menawarkan terjemahan dengan cepat dan natural melalui suara atau tulisan yang ditawarkan 11 bahasa berbeda.

● Siri: yang menambah banyak pengetahuan.

● Safari: menawarkan laporan privasi supaya pengguna dapat dengan mudah melihat pelacat lintas situs yang telah diblokir, mengamankan pemantauan kata sandi untuk membantu pengguna mendeteksi kata sandi yang disimpan yang mungkit terlibat dalam pelanggaran data, dan terjemahan bawaan untuk seluruh halaman web.

● dan masih banyak fitur baru lainnya

Sumber: https://www.apple.com/newsroom/2020/06/apple-reimagines-the-iphone-experience-with-ios-14/

Penulis : Nissa Lilia Azhari

Editor : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...