Apple. (Foto: Istimewa)
Apple. (Foto: Istimewa)

Apple Luncurkan Aplikasi Pengingat Cuci Tangan

Ngopibareng.id Aplikasi 16 April 2020 07:13 WIB

Raksasa teknologi, Apple, meluncurkan metode pengingat waktu cuci tangan yang disematkan di Wear OS pada jam tangan pintar mereka, Apple Watch. Dengan teknologi ini, Apple berharap bisa membantu dalam menghentikan persebaran virus Corona Sars-cov-2 atau Covid-19.

Bagi anda yang telah memiliki Apple Watch, aplikasi pengingat waktu cuci tangan bisa anda dapatkan dengan memperbarui sistem operasi War OS ke OS 5.4.0.

Metode pengingat ini akan memberitahukan pada anda setiap tiga jam sekali untuk melakukan cuci tangan selama 40 detik. Fitur timer yang akan mengaturnya.

Sebelumnya, Google juga telah menyematkan metode serupa ke dalam Google Assistant. Caranya, cukup buka aplikasi Google dari ikon Google Assistant lalu katakan "HeyGoogle, help me wash my hands" atau dengan bahaya Indonesia"HayGoogle, bantu aku mencuci tangan".

Selanjutnya Google akan memutarkan lagu untuk menemani anda mencuci tangan selama 40 detik. Dua raksasa teknologi Apple dan Google saat ini memang gencar membantu untuk menghentikan pandemi Corona.

Sementara itu, selain meluncurkan aplikasi cuci tangan, Apple juga akan merilis pergerakkan para penggunanya di dalam daerah yang melakukan lockdown kepada otoritas kesehatan.

Data akan dikumpulkan dari aktivitas pengguna iPhone yang telah mengaktifkan layanan Apple Maps. Pergerakkan orang ini akan dibandingkan dengan aktivitas sebelum adanya lockdown.

Data akan dikumpulkan dengan tetap menjamin kerahasiaan pengguna individu untuk tidak ditampilkan serta tidak melacak pengguna individu atau lokasi mereka.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jan 2021 14:13 WIB

KM Tanto Bersinar Tabrak TG Mitra Jaya di Perairan Surabaya Barat

Surabaya

Tabrakan kapal terjadi pada Sabtu 23 Januari 2021 dini hari.

23 Jan 2021 14:06 WIB

Kantong Plastik

Dahlan Iskan

GeNose, alat pendekteksi Covif bikinan UGM makin sempurna.

23 Jan 2021 13:53 WIB

Doni Monardo Positif Covid, Diduga Terpapar Saat Makan Bersama

Nasional

Doni Monardo melepas masker saat makan bersama.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...