Samsung rilis aplikasi kesehatan pendeteksi tekanan darah untuk smartwatchnya. (Istimewa)

Aplikasi Deteksi Tekanan Darah Samsung Bisa Gantikan Dokter?

Gadget 18 June 2020 16:10 WIB

Samsung merilis aplikasi Health Monitor, yang mampu membaca tekanan darah. Aplikasi ini khusus untuk jam pintar Galaxy Watch Active 2.

Rilis ini sedikit lebih awal dibandingkan jadwal semula, yang seharusnya berlangsung sekitar September. Rilis lebih cepat lantaran Samsung telah mengantongi izin dari Kementerian Obat dan Makanan Korea Selatan, dilansir dari The Verge.

Namun, aplikasi ini tak bisa menggantikan pemeriksaan tekanan darah secara tradisional yang dilakukan oleh dokter atau tenaga medis lainnya. Pengguna harus mengkalibrasi aplikasi setiap empat minggu sekali. Sebab, sensor optik secara teknis hanya bisa mengukur perubahan dalam tekanan darah, namun tidak memberikan hasil akurat dari pendeteksian tersebut.

Jika dilengkapi dengan hasil pemeriksaan tradisional, aplikasi ini akan berguna untuk melacak tren sepanjang waktu tertentu, di antara hasil pemeriksaan dokter.

Samsung menambahkan jika aplikasi ini juga mendukung ECG (electrocardiogram), alat untuk memeriksa kerja jantung. Fungsi ini akan diluncurkan pada kwartal ketiga tahun ini.

Namun, hingga saat ini, Samsung belum menyampaikan rencana rilis aplikasi untuk digunakan di luar Korea Selatan. Sebab, mereka harus mengantongi izin dari regulator negara setempat.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...