Wali Kota Risma, usai memimpin apel pengamanan di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Senin 11 Juni 2018. (foto: frd/ngopibareng.id)

Apel Pengamanan Lebaran, Risma: Tahun Ini Kondisinya Sangat Berbeda

11 Jun 2018 18:35

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Memasuki masa libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memimpin langsung apel kesiapsiagaan pasukan gabungan TNI, Polri, dan jajaran Satuan Kerja Perangakat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Surabaya.

Saat apel yang digelar di Taman Surya, Balai Kota, Surabaya ini, Senin, 11 Juni 2018, Risma berpesan pada jajaran SKPD yang tetap bekerja selama libur lebaran, untuk bersiap siaga 24 jam, hal itu mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan.

"Karena kondisinya sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun ini Kota Surabaya, baru saja mengalami musibah, adanya terorisme, karena itu pastinya tugas kita semua dan saudara dilapangan juga lebih berat dibandingkan sebelumnya," ujarnya, saat nemberikan sambutan.

Risma mengatakan, bahaya-bahaya itu bukan hanya mengantisipasi soal terorisme, tapi juga bahaya kebakaran, pencurian, miras kemudian juga bahaya yang disertai dengan tindak kekerasan.

Dibawah komandonya bersama Kapolres, Risma, meminta jajaran Linmas untuk bisa mengawasi cakupan-cakupan lokasi yang lebih luas dalam pengamannnya. Jika dulu Linmas, hanya jaga perkampungan dan perumahan, kini tugas mereka bertambah untuk juga memantau fasilitas umum dan tempat-tempat ibadah.

"Mereka tidak hanya ada di pos, tapi kita juga banyak bergerak, lebih intens, lebih mobile," ujarnya.

Untuk itu, Risma memberikan bantuan kendaraan motor trail roda dua kepada jajaran Forpimda, yakni Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak, Komandan Resor Militer 084, dan Pemerintah Kota (satpol PP, Linmas, dan Dishub). "Itu dari sisa lelang, total ada 20 unit, dibagi 8 ke Polres, 4 ke Pemkot, 4 ke Korem, kemudian 4 ke Tanjung Perak," ujarnya. (frd)