Apa Makanan Terenak di Dunia? Dua Teratas dari Indonesia Lho....

24 Dec 2017 18:33 Menu Bunda

Apa makanan paling enak di dunia? Tentu jawabannya tidak mudah. Setiap orang memiliki selera dan jagoan masing-masing untuk menjawab.

Namun jika mengacu pada hasil survey CNN, sebagai salah satu media internasional terbesar di dunia, maka jawabannya mengejutkan. Dua makanan terenak di dunia berasal dari Indonesia.

Survey ini dilakukan pada 35.000 pembaca dari seluruh dunia. Perdebatan terhadap hasil survey ini juga sangat banyak. Maklum, tidak ada masakan Eropa yang masuk.

Beberapa mempertanyakan kenapa masakan Perancis tidak populer dalam daftar survey ini dan justru makanan yang dibuat dengan kecap lebih banyak penggemarnya daripada makanan dengan mayonaise yang banyak.

Rupanya, masakan paling enak di dunia justru berasal dari sebuah provinsi di Indonesia yang tidak terkenal di dunia, namun masakan khasnya jutru digemari banyak sekali orang.

Inilah 10 makanan terenak di dunia tahun 2017 versi pembaca CNN:

1. Rendang, Indonesia

Daging sapi berbumbu yang super empuk dan lezat ini berhasil menjadi pilihan pembaca CNN sebagai makanan paling enak di dunia.

Rendang adalah makanan khas suku Minang dari Sumatera Barat. Dibuat dari daging sapi dengan rempah-rempah dan minyak dari kelapa sangrai, makanan yang satu ini memang tidak ada duanya.

Di Indonesia, rendang bisa didapat dengan mudah di seluruh rumah makan Padang.

2. Nasi Goreng, Indonesia

Lagi-lagi, masakan Indonesia merajai. Sebelumnya, nasi goreng tidak pernah masuk ke dalam daftar 10 besar, namun tahun ini, nasi goreng naik ke peringkat dua.

Para pembaca mengungkapkan bahwa makanan ini dengan kombinasi rasa yang pedas dan telur ceplok sangat menggugah selera.

3. Sushi, Jepang

Persatuan nasi dan hasil laut mentah yang segar di Jepang membuat seluruh wisatawan pasti mengidolakan makanan ini.Sushi adalah contoh makanan yang sederhana, sehat, mengenyangkan, sekaligus sangat enak.

4. Tom yam Goong, Thailand

Sup dengan kuah kental ini juga digemari banyak orang. Tom yam biasanya berisi makanan laut seperti udang, ikan, daging kepiting dengan rasa sup yang pedas serta sedikit asam.

5. Pad Thai, Thailand

Pad thai adalah perpaduan antara mie goreng dengan berbagai sayuran yang dimasak dengan bumbu pasta asam.

6. Som Tam - Papaya Salad, Thailand

Papaya salad ini mirip dengan rujak yang ada di Indonesia. Kuah asam pedasnya terbuat dari buah asam, perasan jeruk nipis, kecap ikan, pasta gula murni, bawang putih dan cabai.

Campuran pepaya muda yang diserut, tomat, kacang panjang, dan ebi goreng disiram kuah pedas ini menjadi primadona di Thailand.

 

7. Dim Sum, Hong Kong

Makanan tradisional Kanton ini sangat populer di seluruh dunia.

9. Bebek peking, Cina

Bebek peking dimasak dengan cara memanggang bebek dengan api kecil sehingga kulitnya menjadi coklat keemasan dengan lemak-lemak yang sangat enak dan daging yang lembut.

Bebek disajikan dengan dipotong kecil-kecil dan dicelupkan ke saus asin untuk menambah rasa nikmatnya.

10. Kari Massaman, Thailand

Kari Massaman dengan rasa pedas dan santan yang kental ini memiliki kombinasi rasa yang sangat pas.

Bahkan, semua bumbu instan kari Massaman yang dijual di Thailand akan memiliki rasa yang sama enaknya dengan buatan restoran.

Nah itulah hasil survey CNN 2017, Anda setuju? (tom)

 

 

 

Penulis : Rahmad Utomo


Bagikan artikel ini