Ledakan amonium nitrat di Pelabuhan Beirut. (Foto: AFP via Kompas)

Apa Itu Amonimun Nitrat? Penyebab Ledakan Dasyat Beirut Lebanon

05 Aug 2020 11:52

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Ledakan dasyat terjadi di Pelabuhan Beirut, Lebanon Selasa, 4 Agustus 2020 tengah malam dan menewaskan 78 orang.

Presiden Lebanon Michel Aoun mengkonfirmasi bahwa ledakan berasal dari 2.750 ton amonium nitrat. Bahan-bahan kimia yang amat berbahaya ini sudah tersimpan selama 6 tahun di gudang yang terletak tepi laut ini.

Apakah Amonium nitrat? seberapa bahaya amonium nitrat atau bahan kimia berbentuk zat kristal tak berbau ini?

Di berbagai negara, amonium nitrat pernah menjadi bencana karena menjadi penyebab berbagai ledakan di sektor industri selama beberapa dekade terakhir.

Di Texas Amerika Serikat pada tahun 2013 sebuah pabrik pupuk pernah meledak dan menewaskan 15 orang. Begitu juga pada tahun 2001 pabrik kimia di Toulouse, Prancis juga pernah meledak dan menewaskan 31 orang.

Selama ini amonium nitrat jika dikombinasikan dengan bahan bakar minyak memang bisa menjadi sebuah bahan peledak yang kuat. Industri konstruksi pertambangan, penggalian dan konstruksi sipil biasa menggunakannya sebagai bahan peledak. Para pemberontak seperti Taliban juga membuat peledak dengan bahan amonium nitrat.

Bom yang pernah meledak di balik serangan di Kota Oklahoma pada 1995 juta berbahan dasar amonium nitrat. Bencana di Texas City pada tahun 1947 akibat amonium nitrat menyebabkan perubahan besar dalam peraturan untuk penyimpanan dan penanganan amonium nitrat.

Selain mematikan, amonium nitrat ternyata sangat membantu khususnya di bidang pertanian. Pupuk amonium nitrat bisa diaplikasikan dalam bentuk granul dan memiliki sifat mudah larut di bawah kelembapan sehingga memicu pelepasan nitrogen sebagai kunci pertumbuhan tanaman.

Secara keilmuan, amonium nitrat adalah suatu senyawa kimia, yang merupakan garam nitrat dari kation amonium. Senyawa ini memiliki rumus kimia NH4NO3, disederhanakan menjadi N2H4O3. Senyawa ini adalah padatan kristal putih dan sangat larut dalam air.

Senyawa ini adalah penyusun utama ANFO, sebuah industri peledak populer yang menyumbang 80% bahan peledak yang digunakan di Amerika Utara. Banyak negara menghapusnya dalam aplikasi konsumen karena kekhawatiran akan potensi penyalahgunaannya.

Amonium nitrat ditemukan sebagai mineral alami di daerah paling kering di Gurun Atacama di Chile, sering Sebagai kerak di tanah atau bersamaan dengan nitrat lainnya, klorat, iodat, dan mineral halida.

Zaman dahulu, amonium nitrat bisa diperoleh dengan proses ditambang, namun hampir 100 persen bahan kimia yang saat ini digunakan adalah sintetik.