RSJ Menur Siapkan Kamar Perawatan Untuk Caleg Stres Pasca Pemilu

17 Apr 2019 19:42 Surabaya

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya mempersiapkan sejumlah kamar rawat inap bagi caleg yang mengalami gangguan jiwa atau stres pasca pemilu 2019.

"Kami menyediakan tempat tidur VIP sebanyak 41 tempat tidur. Bulan Mei ini juga akan ada penambahan di kamar kelas 2 sebanyak 14 tempat tidur diluar 306 tempat tidur yang tersedia," kata Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, dr. Rr Ika Indiyah Prasetyawati,M.Kes.

Ika menambahkan, fasilitas ini tersedia bukan hanya untuk mengantisipasi caleg yang stres tapi juga untuk pasien yang lain.

"Ini bukan untuk caleg saja ya, tapi juga untuk pasien yang lain," ujarnya saat memantau pencoblosan di RSJ Menur Surabaya.

Menurutnya, jika memang ada caleg yang berobat di RSJ Menur juga akan mendapatkan perawatan yang sama dengan pasien yang lain, sesuai dengan kondisi dan bagaimana penanganannya.

"Tidak ada perlakuan khusus semua sama sesuai kondisi, sesuai diagnosisnya. Misalnya penanganan orang yang tidur gelisah dengan tidur secara tenang. Tentu berbeda," ujarnya.

Sebagaimana, pasien yang lain, kata Ika Inayah RSJ Menur nantinya juga akan menjaga kerahasian indentitasnya. Sama seperti pasien yang dirawat di RSJ Menur.

"Kemungkinan yang stres pasti ada sama seperti semua manusia pasti ada kemungkinan. Tapi identitas tetap akan dirahasiakan," katanya.

Selain itu, Ika Indiyah menambahkan jika dilihat lima tahun yang lalu memang ada sekitar 10 orang caleg yang dirawat di RSJ Menur.

"Ya ada memang sekitar 10 orang waktu itu, tapi hanya rawat jalan tidak sampai rawat inap," katanya. (pts) 

Penulis : Pita Sari
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini