Peziarah berada di area luar makam Sunan Ampel, Rabu 25 Maret 2020. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)

Antisipasi Covid-19, Wisata Religi Sunan Ampel Ditutup Sementara

Ngopi Foto 25 March 2020 20:55 WIB

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, kawasan wisata religi Sunan Ampel Surabaya ditutup sementara. Penutupan  ini dilakukan sejak Selasa 24 Maret 2020 kemarin hingga 14 hari ke depan.

Meski makam Sunan Ampel ditutup, Masjid Agung Sunan Ampel masih melakukan salat berjemaah, seperti pantauan Ngopibareng.id, pada Rabu 25 Maret 2020.

Sementara guna menghindari kerumunan massa, saat ini di area makam tidak disediakan tempat duduk bagi pengunjung. Hal itu bertujuan agar peziarah tidak terlalu lama singgah di area tersebut.

Pintu masuk utama ke Masjid Agung dan Makam Sunan Ampel yang biasanya penuh sesak oleh peziarah kini tampak sepi Foto Erfan HazransyahNgopibarengidPintu masuk utama ke Masjid Agung dan Makam Sunan Ampel, yang biasanya penuh sesak oleh peziarah, kini tampak sepi. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Seorang peziarah tampak serius membaca Maklumat Kapolri bernomor Mak2III2020 pada 19 Maret 2020 terkait pencegahan virus corona Pengumuman ini ditempel di jendela kaca bagian samping Masjid Agung Sunan Ampel Foto Erfan HazransyahNgopibarengidSeorang peziarah tampak serius membaca Maklumat Kapolri bernomor Mak/2/III/2020 pada 19 Maret 2020, terkait pencegahan virus corona. Pengumuman ini ditempel di jendela kaca bagian samping Masjid Agung Sunan Ampel. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Tempat cuci tangan wastafel sudah disiapkan di beberapa sudut di kawasan Masjid Agung dan Makam Sunan Ampel Foto Erfan HazransyahNgopibarengidTempat cuci tangan (wastafel) sudah disiapkan di beberapa sudut di kawasan Masjid Agung dan Makam Sunan Ampel. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Pintu masuk utama ke makam Sunan Ampel ditutup untuk sementara Foto Erfan HazransyahNgopibarengidPintu masuk utama ke makam Sunan Ampel ditutup untuk sementara. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Peziarah meminum air dalam gentong Masyarakat meyakini air diambil dari sumur peninggalan Sunan Ampel yang berada di dalam masjid tersebut bisa mengobati segala macam penyakit Foto Erfan HazransyahNgopibarengidPeziarah meminum air dalam gentong. Masyarakat meyakini air diambil dari sumur peninggalan Sunan Ampel yang berada di dalam masjid tersebut bisa mengobati segala macam penyakit. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Tempat untuk mengambil Alquran serta Yasin dan tahlil bagi peziarah di area makan Sunan Ampel Foto Erfan HazransyahNgopibarengidTempat untuk mengambil Alquran serta Yasin dan tahlil bagi peziarah di area makan Sunan Ampel. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Pengurus makam membersihkan area pintu masuk utama ke Makan Sunan Ampel Foto Erfan HazransyahNgopibarengidPengurus makam membersihkan area pintu masuk utama ke Makan Sunan Ampel. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Peziarah memakai masker saat berada di area luar makam Sunan Ampel Foto Erfan HazransyahNgopibarengidPeziarah memakai masker saat berada di area luar makam Sunan Ampel. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Peziarah tampak bersandar di depan pintu masuk samping area makam Sunan Ampel Foto Erfan HazransyahNgopibarengidPeziarah tampak bersandar di depan pintu masuk samping area makam Sunan Ampel. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)
Peziara tampak khusyuk membaca bacaan Yasin dan tahlil di area luar makam Sunan Ampel Foto Erfan HazransyahNgopibarengidPeziara tampak khusyuk membaca bacaan Yasin dan tahlil di area luar makam Sunan Ampel. (Foto: Erfan Hazransyah/Ngopibareng.id)

Penulis : Erfan Hazransyah

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Apr 2020 15:22 WIB

Pemkot Surabaya Keberatan Dengan Kata 'Ditimbun'

Surabaya

Pemkot melayangkan surat keberatan kepada redaksi Ngopibareng.id.

09 Apr 2020 13:12 WIB

Jadwal Ibadah Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah Live

Nasional

Keuskupan Agung Jakarta menyiapkan serangkaian peribadatan dari rumah.

09 Apr 2020 12:17 WIB

Indonesia Harus Bersatu, Fokus pada Penghentian Penyebaran Korona

Tokoh Lain

Tulisan Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI 2005-2015, selengkapnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.