Pegawai Pudam Banyuwangi berjemur sambiko bermain tiktok untuk meningkatkan imun (foto: Hujaini/ngopibareng.id)

Antisipasi Covid-19, Pegawai Instansi di Banyuwangi Berjemur

Jawa Timur 26 March 2020 12:04 WIB

Sejumlah instansi di Banyuwangi mulai menerapkan kebijakan berjemur di panas matahari, Kamis, 26 Maret 2020. Aktivitas berjemur diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga diharapkan bisa terhindar dari serangan bebegai virus berbahaya seperti Covid-19.

Salah satu instansi yang menerapkan kebijakan berjemur untuk karyawannya adalah Perusahan Umum Daerah Air Minum (Pudam) Banyuwangi. Sekitar pukul 10 para pegawai perusahaan plat merah ini mulai berjemur di halaman belakang kantor Pudam.

"Teman-teman memang kami imbau untuk berjemur mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB. Ini sesuai anjuran pak Bupati Banyuwangi dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19," jelas Direktur Utama Pudam Banyuwangi, Widodo Waluyo.

Agar lebih bersemangat, sambil berjemur para pegawai ini bermain tiktok. Sehingga tidak terasa proses berjemur sudah berjalan selama 30 menit. Usai berjemur para pegawai ini beristirahat sejenak. Selanjutnya mereka kembali melakukan tugas dan pekerjaannya masing-masing.

"Ini akan kita lakukan setiap hari mulai hari ini. Harapannya, karyawan kami semakin sehat semuanya tidak sampai terjangkit Covid-19," tegasnya.

Widodo menambahkan, Pudam Banyuwangi juga meluncurkan Pudam dengan  membuat tempat untuk mencuci tangan untuk umum. Lokasinya dipilih area publik utamanya di pasar-pasar dan Ruang terbuka hijau (RTH)seperti  di taman Sayu Wiwid, di pasar Blambangan, di Taman Blambangan RTH Muncar, RTH Rogojampi, RTH Genteng.

"Kita sediakan  tempat cuci tangan dilengkapi petunjuk cara cuci tangannya juga sabun plus tisunya juga tempat sampah," tegasnya.

Novike Nurul Wahyuni, salah seorang pegawai Pudam, mengaku badanya lebih segar setelah mengikuti kegiatan berjemur. Sebab selain bisa menghirup udara di ruang terbuka juga langsung kena cahaya matahari.

"Dan katanya berjemur ini bisa membunuh virus dan meningkat imunitas tubuh kita," ungkapnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jun 2020 15:35 WIB

Permudah Akses, Lumbung Pangan Jatim Bisa Layani COD

Surabaya

Sistem COD ini melalui WA dan dikirim tanpa tambahan ongkos kirim

06 Jun 2020 15:30 WIB

Haji Batal, Kemenag Tepis Fitnah Soal Setoran Jemaah

Nasional

Jemaah haji bisa mengambil kembali setoran haji mereka.

06 Jun 2020 15:21 WIB

Panglima TNI Terjunkan 30 Tenaga Medis Bantu Jatim

Jawa Timur

Bantu percepat pelayanan medis tangani corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...