Pikal Bakal Coret Satu Pemain Asing, Dzhalilov atau Lizio?

09 Sep 2019 12:24 Liga Indonesia

Persebaya Surabaya berencana kembali mecoret satu nama pemain asing. Karena pelatih ingin mendatangkan pemain asing lagi untuk kebutuhan tim di putaran kedua Liga 1 2019.

Namun, hal itu bisa saja terjadi asal status naturalisasi Otavio Dutra benar-benar sudah rampung. Sehingga Persebaya bisa 'belanja' satu pemain asing lagi.

Asisten pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal mengatakan akan menambah satu pemain asing lagi, apabila naturalisasi Dutra sudah rampung. Karena saat ini Bajul Ijo masih memiliki lima pemain asing.

"Pemain asing kita masih ada. Tapi mungkin tambah satu posisinya paling perlu second striker atau playmaker," kata Pikal, Senin 9 September 2019.

Sementara Persebaya memiliki lima pemain asing yakni David da Silva (Brazil), Aryn Williams (Australia), Otavio Dutra (Brazil), Damian Lizio (Bolivia) dan Dzalilov (Tajikistan).

Namun untuk David da Silva dan Aryn Willims kemungkinan aman dari wacana pencoretan karena merupakan pemain rekrutan baru Persebaya.

Sedangkan berdasarkan regulasi kompetiisi Liga 1, setiap tim memiliki tiga pemain asing dan satu pemain asing asia. Jika Dutra WNI, otomatis kalau ingin menambah pemain lagi, Persebaya harus rela mencoret antara dua nama, yakni Manu Dzhalilov atau Damian Lizio.

"Mau tidak mau harus coret satu pemain karena tidak bisa daftar lebih," ujar mantan asisten pelatih timnas Indonesia tahun 2016 tersebut.

Di sisi lain, Pikal saat ini tengah berdiskusi dengan pelatih kepala Persebaya, Alfred Riedl. Sebab semua keputusannya ada di tangan pelatih 69 tahun itu. Ia juga tidak bisa berbelanja pemain tanpa persetujuan Riedl.

Saat Riedl belum datang, Pikal terus menjalin komunikasi untuk keperluan tim di bursa transfer pemain. Karena ia tidak mau menyia-nyiakan momentum ini untuk tambah amunisi.

Terlebih Persebaya kehilangan tujuh pemain akibat dipanggilnya ke skuad Timnas Indonesia baik senior, U-23 dan U-19. Untuk itu Pikal mengatakan akan cari pemain lokal yang tak masuk dalam daftar pemain timnas.

"Jelas di luar Timnas, kita sudah hilang banyak pemain, mana mungkin datangkan dari timnas lagi," ucap Pikal.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini