Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, dalam penetapan di London, Inggris, pada Sabtu 5 Desember 2020. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, dalam penetapan di London, Inggris, pada Sabtu 5 Desember 2020. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

Anies Baswedan Jadi Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities

Ngopibareng.id Nasional 06 December 2020 01:10 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19, pada Selasa 1 Desember 2020. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah dinas gubernur, Jalan Taman Suropati Nomor 7, RT05/ RW05, Menteng, Jakarta Pusat.

Di tengah masa pemulihan kondisi kesehatannya, Anies Baswedan terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, dalam penetapan di London, Inggris, pada Sabtu 5 Desember 2020.

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim, untuk masa depan lingkungan kota yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan. C40 mewakili lebih dari 700 juta warga di dunia dan seperempat ekonomi global.

Sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40, Anies Baswedan berperan memberi arahan strategis dalam rangka mengatasi krisis iklim pada jaringan 97 kota itu. "Perkembangan terkini di kawasan Asia Timur, Tenggara, dan Oseania telah menciptakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu kolaborasi bersama generasi muda, sektor swasta, pemerintah nasional, serta mitra non-pemerintah lokal maupun internasional," ungkap Anies Baswedan melalui keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta.

Penunjukan Anies Baswedan itu pun menuai reaksi luas dari warganet. Di Twitter, netizen ramai-ramai memberikan selamat dan dukungan, disertai tagiar #AniesMendunia. Mereka menggangap penunjukan ini merepresentasikan salah satu kinerja Anies Baswedan.

“Gubernur Jakarta @aniesbaswedan telah terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 untuk memberikan arahan strategis bagi jaringan kota global, kami yang berkomitmen untuk mengatasi krisis iklim. Maju gubernurnya sedih hatersnya,” kata akun Toperendusara.

“Jakarta Amburadul dimasa lalu lalu Anies datang dgn kolaborasi, dgn kebijakan yg memiliki empati. Lalu New Jakarta tiba2 menjadi kota yg indah. #AniesMendunia #AniesMendunia,” kata Geisz Chalifah.

"Selamat atas terpilihnya pak Anies Baswedan sebagai ketua dewan pengarah steering committee. Terus mengharumkan nama bangsa Indonesia pak #AniesMendunia,” cuit akun Fakhmi Zakky.

Ada pula yang segera mencolek (mention) Deny Siregar, aktivis media sosial yang kerap mengkritik Anies Baswedan. Akun Azhetabe mempertanyakan prestasi Desu, panggilan yang kerap dialamatkan kepada Deny Siregar.

“Proud of you..#AniesMendunia ....lah [email protected],” katanya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 17:22 WIB

Basarnas Surabaya Terjunkan Tim Selam Cari Korban Tabrakan Kapal

Surabaya

Kejadian tabrakan kapal terjadi pada Sabtu, 23 Januari 2021 dini hari.

25 Jan 2021 17:10 WIB

Song Yoo-jung Diduga Bunuh Diri, Pemakaman Digelar Tertutup

ngopiK-pop

Pihak agensi tak menyebutkan penyebab kematian Song Yoo-jung.

25 Jan 2021 16:54 WIB

PPKM Diperpanjang, Kaki Lima di Kota Malang Tak Kena Jam Malam

Jawa Timur

Namun tidak boleh menyediakan makan di tempat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...