Angin Kencang Robohkan Puluhan Pohon di Kota Batu

23 Jan 2019 13:04 Jawa Timur

Hujan lebat disertai angin kencang berlangsung sejak hari Selasa pagi 22 Januari 2019 hingga Rabu pagi 23 Januari 2019 mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di beberapa wilayah Kota Batu.

Cuaca ekstrem ini selaras dengan peringatan dini yang dirilis oleh BMKG Juanda yang diperkirakan mulai tanggal 22-24 Januari 2019 sebagian besar wilayah Jawa Timur termasuk Kota Batu agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Tercatat mulai tanggal 22-23 Januari 2019, telah terjadi pohon tumbang di 34 titik lokasi kejadian dengan rincian 26 kejadian sudah ditangani dan 8 kejadian belum ditangani," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim dalam keterangan resminya.

Dari 26 titik kejadian pohon tumbang yang sudah ditangani tercatat dampak yang ditimbulkan 3 mobil tertimpa pohon, 1 warung tertimpa pohon, papan reklame/baliho rusak, putusnya jaringan PJU dan jaringan listrik yang mengakibatkan matinya listrik di sebagian wilayah Kota Batu, serta putusnya jaringan kabel telekomunikasi.

Memperhatikan fenomena angin kencang masih terus terjadi di wilayah Kota Batu dan kemungkinan kejadian pohon tumbang yang belum dilaporkan ke Posko Penanggulangan Bencana, diperkirakan data pohon tumbang dan dampak lainnya akan terus bertambah.

Penanganan darurat dilakukan dengan mengerahkan satgas gabungan yang terdiri dari BPBD, SKPD terkait, TNI, Polri, PLN, Telkom, Relawan dan Masyarakat. Sampai saat ini upaya penanganan darurat masih terus dilaksanakan oleh satgas gabungan.

Penanganan darurat yang dilaksanakan antara lain membersihkan pohon tumbang dengan prioritas pohon-pohon tumbang yang menutup akses jalan dan pemulihan sarana dan prasarana vital jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi.

Berkenaan dengan adanya cuaca angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Batu, dihimbau kepada masyarakat untuk:

1. Meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman pohon tumbang di sekitar wilayahnya masing-masing.

2. Bagi pengguna jalan agar mewaspadai ranting/dahan yang berpotensi patah serta tidak memarkir kendaraan di sekitar pohon yang rawan tumbang.

3. Tidak melakukan aktivitas ditempat (pohon/baliho/bangunan) yang berpotensi ancaman roboh karena angin.

4. Melaporkan ke Call Center Pusdalops BPBD Kota Batu jika mengetahui ancaman/potensi bahaya dan mengetahui kejadian darurat di nomer Telp +62 812-1710-4099.

Reporter/Penulis : Umar Alfa
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini