Anggota PPK, PPS Dan KPPS Pemilu 2019 Terima Reward dari KPU

02 Dec 2019 21:03 Politik

Kinerja lembaga ad hoc di bawah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi selama pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) 2019 dinilai cukup memuaskan. Atas kerja keras lembaga Ad hoc ini, KPU Banyuwangi memberikan apresiasi berupa sertifikat penghargaan.

"Ada apresiasi dari KPU RI untuk seluruh anggota lembaga ad hoc mulai dari PPK, PPS, dan KPPS. Apresiasi yang diberikan berupa sertifikat penghargaan atas pengabdian dan dedikasi lembaga ad hoc selama perhelatan Pemilu 2019,” kata Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraeni, Senin, 2 Desember 2019.

Pemilu yang digelar April 2019 lalu merupakan pesta demokrasi yang paling berat dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya. Sebab untuk pertama kalinya pileg dilaksanakan secara bersamaan dengan pilpres.

 

Sertifikat penghargaan ini, lanjut Dwi Anggraeni, dapat dimanfaatkan untuk mendaftar kembali sebagai anggota lembaga ad hoc KPU untuk pemilihan bupati (pilbup) tahun 2020. Dengan melampirkan sertifikat penghargaan itu pendaftar akan mendapatkan poin plus dan prioritas untuk menjadi anggota lembaga ad hoc.

"Sertifikat penghargaan ini akan menjadi pertimbangan bagi KPU. Karena itu sebagai tanda pengalaman mereka sebagai penyelenggara,” terangnya.

Dalam tahapan pilbup tahun 2020, rekrutmen lembaga ad hoc akan dimulai pada Januari 2020 mendatang. Rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari sampai 14 Februari 2020. Sedangkan rekrutmen panitia pemungutan suara (PPS) akan dilaksanakan pada15 Februari sampai 14 Maret 2020.

“Untuk pembentukan KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) sendiri baru akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni sampai 21 Agustus 2020,” beber perempuan yang sudah kedua kali menjadi Komisioner KPU Banyuwangi ini.

Penulis : Muh Hujaini
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini