Anggota DPR RI komisi V Bambang Haryo (kanan) bersama Sekdaprov Jatim Ahmad Sukardi saat memberangkatkan mudik gratis di Stasiun Gubeng Surabaya, Selasa 12 Juni 2018. (foto: hrs/ngopibareng)

Anggota DPR RI Minta Kapal Laut Tetap Jadi Favorit Pemudik

12 Jun 2018 22:07

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Anggota DPR RI komisi V Bambang Haryo mengatakan peran pemerintah untuk meningkatkan respon masyarakat akan angkutan laut harus terus ditumbuhkan. Ia mengatakan pemerintah Provinsi Jatim juga harus terus melakukan sosialisasi supaya angkutan kapal lebih digemari oleh masyarakat kepulauan.

Bambang Haryo melihat, saat angkutan lebaran seperti ini, masyarakat yang menaiki kapal terutama ke Surabaya-Madura masih mendapatkan respon yang kurang bagus. Padahal angkutan tersebut disediakan secara gratis namun masih mendapatkan respon 17 persen saja.

"Saya masih punya satu titipan pesan dari masyarakat untuk pemprov Jatim terkhususnya Dishub Jatim yaitu sosialisasi lebih ke masyarakat terutama perihal angkutan laut karena respon yang masyarakat masih 17 persen. Tapi tadi katanya kalo menjelang berangkat menjadi penuh kapalnya. Nah ini harus kita sosialisasi lebih lagi," kata Bambang, Selasa 12 Juni 2018.

Selain itu, Bambang mengatakan, program mudik gratis yang dilakukan Pemprov Jatim ini merupakan prestasi yang luar biasa. Pasalnya, Kemenhub hanya menargetkan 80.000 penumpang mudik gratis. Tapi ternyata pemprov Jatim bekerja sama dengan banyak pihak dapat memberangkatkan 208.000 pemudik. "Itu adalah 50% dari yang diusahakan oleh kemenhub. Itu pun belum tentu okupansinya sehebat jatim yaitu sekitar 90% lebih," ujar Bambang.

Sementara itu, Pemprov Jatim memiliki harapan besar pada program mudik gratis ini. Selain untuk menekan angka kecelakaan dan jumlah kendaraan pribadi saat mudik, mudik gratis diharapkan dapat mengembalikan antusiasme masyarakat terhadap angkutan umum. "Supaya masyarakat kembali menggunakan transportasi massal," harap Bambang. (hrs)