Habib Luthfi bin Yahya saat menyampaikan pesan keislamannya. (Foto: dok/ngopibareng.id)

Anak Saleh Dambaan Setiap Orang Tua, kata Habib Luthfi

Islam Sehari-hari 17 September 2019 03:05 WIB

Habib Luthfi bin Yahya mengatakan, anak yang saleh merupakan dambaan para orang tua. Karena itu, setiap orang tua harus ikhtiar agar anak-anaknya menjadi saleh-salehah.

Setiap orang tua berharap agar anak saleh kelak mendoakan mereka. Apalagi, bagi orang tua yang takdzim kepada ulama dan orang saleh.

Habib Luthfi bin Yahya mencontohkan tentang ikhtiar ayah imam Al-Ghazali, agar memiliki anak yang shalih. Bagaimana orang tua Imam Ghazali ternyata begitu hormatnya pada ulama dan para wali.

"Ayah Imam al-Ghazali itu bukan Ulama, akan tetapi beliau hormat, mencintai dan mau mendengarkan nasihat Ulama. Meskipun penghasilannya tidak seberapa beliau menyisihkan untuk membeli manisan yang dihadiahkan kepada Ulama, seraya memohon kepada Allah agar dianugerahi anak shalih seperti Ulama yang dia kagumi," tutur Habib Luthfi.

Berkah itu semua lahirlah sosok ‘Alim Zaahid Waari’ yang terkenal di dunia Islam, yaitu Al Imam al ‘Aalim al ‘Allamah Hujjatul Islam Abi Hamid Muhammad ibn Muhammad al Ghazali Shahibul Kitab Ihya’ Ulumiddin.

Dalam konteks kini, Habib Luthfi bin Yahya mengatakan, bangsa Indonesia harus berpegang pada prinsip yang kuat. Sehingga tak rentan goyah diimingi apapun yang dapat meruntuhkan persatuan dan kesatuan bangsa, terutama di tahun politik sepanjang 2019 ini.

"Kita sebagai bangsa Indonesia yang mempunyai prinsip, punya pendirian, tidak mudah tergoyah. Oleh karena, Jangan coba-coba sesekali menggoyahkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Rais Am Jam'iyah Ahlith Thariqah Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) mengaku bersyukur karena kondisi negara dan masyarakat Indonesia tetap kondusif.

Habib Luthfi, merupakan ulama pengayom dan penjaga kecintaan umat pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga tidak mudah digoyahkan para penggagu.

"Persatuan dan kesatuan merupakan harus semakin kokoh untuk menjaga bangsa ini. Dengan semakin menjaga persatuan dan kesatuan maka negara kita akan sulit diruntuhkan oleh para pengacau NKRI." tutur Habib Luthfi.

Dalam beberapa kali kesempatan, Habib Luthfi selalu mengungkapkan pentingnya umat Islam mengendepankan akhlak dan menjaga hubungan baik sesama manusia. Belajar dari peran ulama dan waliyullah pejuang Islam di Nusantara, Islam kemudian bisa diterima dengan jalan damai. Karena, para ulama dan pejuang Islam itu mengedepankan akhlak dan moral, serta menghargai kultur masyarakat.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 06:33 WIB

Menjadikan Putra Meraih Ilmu Penuh Berkah, Ini Resepnya

Khazanah

Sesuai pesan wasiat KH Maimoen Zubair, Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

20 Sep 2020 12:52 WIB

Gemes Dampingi Anak Belajar Daring, Ini Cara Mengatasinya

Konsultasi Psikologi

Belajar dari rumah memberi beban tersendiri bagi orang tua dan anak.

19 Sep 2020 05:31 WIB

Tiga Pesan Habib Luthfi, Mengingatkan Hakikat Santri

Khazanah

Kisah Kiai Sholeh, murid Habib Umar bin Thoha bin Yahya Indramayu

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...