Amitabh Bachchan Idap Hepatitis B

28 Feb 2019 11:43 ngopiHealth

Aktor senior Bollywood Amitabh Bachchan mengungkap rahasia besarnya. Ia mengaku idap hepatitis B selama 18 tahun. Amitabh Bachchan mengatakan, penyakit itu bermula ketika ia mengalami kecalakaan di lokasi syuting film Coolie, pada Agustus 1982.

Kecelakaan itu fatal hingga membuat aktor kelahiran 11 Oktober 1942 ini mengalami cedera usus dan harys menjalani splenektomi darurat.

"Saya menerima transfusi darah dari 60 unit kantong darah yang berasal dari 200 pendonor. Ternyata, beberapa kantong darah itu terinfeksi Australian Antigen Hepatitis. Itu penyebab penyakit saya," ungkap Amitabh Bachchan dikutip dari The Indian Express.

Awalnya, mertua artis Bollywood Aiswarya Rai ini mengaku, sejak kecelakaan itu hidupnya normal. Hingga 18 kemudian, Amitabh Bachchan melakukan pemeriksaan medis dan divonis mengidap hepatitis B pada tahun 2000.

Akibat penyakit ini, Amitabh Bachchan kehilangan 75 persen fungsi hati atau kerusakan hati jangka panjang (sirois). "Saya bertahan hidup dengan 25 persen fungsi hati. Itu berita buruknya. Kabar baiknya, saya masih mempunyai peluang bertahan hidup 12 persen," ucap sang aktor.

Kini, aktor 76 tahun itu menggunakan penyakit yang diidapnya untuk menguatkan pasien lainnya, terutama kaum hawa. Amitabh Bachchan pun ditunjuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi duta Hepatitis di Asia Tenggara.

"Jangan karena mereka mengidap Hepatitis B, kalian menolaknya. Saya akan melawan perlakuan diskriminasi seperti itu. Saya bisa menjadi contoh bahwa pasien Hepatitis B ternyata bisa menjalani hidup yang normal," tegas Amitabh Bachchan. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini