Amitabh Bachchan Bayar Hutang 850 Petani Rp 11,35 Miliar

Internasional 21 October 2018 15:38 WIB

Sukses menjadi aktor Bollywood tak lantas Amitabh Bachchan melupakan kampung halaman. Buktinya, aktor kelahiran 11 Oktober 1942 ini rela merogoh kocek sebesar Rs 5,5 crore atau setara Rp 11,35 miliar untuk melunasi hutan sekitar 850 petani di Uttar, Pradesh, India.

Melansir First Post, petani India tengah menghadapi masa paceklik akibat melonjaknya harga bahan bakar dan tanaman yang rusak karena monsoon. Tanpa adanya perlindungan dari pemerintah, banyak petani di India yang terpaksa meminjam uang dari rentenir atau bank dengan bunga selangit. Kondisi ini membuat para petani putus asa hingga menjadi penyumbang 11 persen kasus bunuh diri di India.

Alasan tersebut di atas yang mendorong Amitabh Bachchan menjadi dermawan bagi para petani yang kesusahan. Bahkan, aksi sosial tersebut bukan pertama kalinya. Amitabh Bachchan dan sang istri, Jaya, pernah memberikan perhatian ke para petani dengan membantu melunasi utang 350 petani di Maharashtra.

Menurut Amitabh Bachchan, ia melakukan dukungan pada sektor agraria India yang menurutnya kurang diperhatikan pemerintah. "Bagiku, ini pengalaman yang sangat memuaskan. Memberikan sebagian dari kekayaanmu untuk para petani yang telah mengorbankan kehidupan mereka demi kita. Masih banyak yang harus dilakukan negara (India)," tutur aktor 76 tahun ini. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Dec 2019 16:42 WIB

Diduga Depresi, Aktor Kushal Punjabi Tewas Gantung Diri

Selebriti

Aktor Bollywood ini meninggal dunia di usia 37 tahun.

14 Jun 2019 16:00 WIB

Amitabh Bachchan Lunasi Utang 2.000 Petani ke Rentenir

Selebriti

Uang puluhan miliar rupe dipakai untuk melunasi utang petani miskin.

28 Feb 2019 11:43 WIB

Amitabh Bachchan Idap Hepatitis B

SapaDokter

Penyakit yang diidap aktor senior Bollywood itu akibat transfusi darah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.