Amien Rais Protes Fotonya Bareng Habib Rizieq Dihapus IG

05 Jun 2018 14:40 Nasional

Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais eksis di media sosial. Pada akhir Mei lalu, Amien membuat akun Instagram resmi @amienraisofficial dan mengunggah konten pertamanya pada 19 Mei 2018.

Sejak itu, Amien terlihat cukup aktif membuka Instagram dan mengunggah foto-foto. Total hingga berita ini ditayangkan, ada 18 publikasi yang telah dibuat Amien di Instagram sejak pertama kali membuat akun di aplikasi tersebut dan pengikutnya telah berjumlah 46,7 ribu.

Namun, belakangan Amien marah dengan Instagram. Ia mengaku sejumlah foto yang ia unggah dihapus oleh pihak Instagram tanpa alasan yang jelas.

Diketahui, ada 3 foto yang dihapus di akun Amien itu menampilkan pertemuan Amien dengan dua tokoh populer, yaitu Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saat mereka berada di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (2/6/2018).

Di foto terlihat sejumlah pria mengenakan baju warna putih. Di tengah ada Amien Rais mengenakan baju koko putih dipadu celana panjang hitam. Lengannya berpegangan dengan Habib Rizieq.

Di samping kiri Rizieq tampak pula Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Ia mengenakan baju koko putih dipadu celana panjang cokelat dan kopiah hitam.

Amien memang rutin mengunggah pertemuan itu melalui akun Instagram-nya, namun nyatanya foto itu menghilang karena dihapus oleh pihak Instagram.

Amien pun kembali mengunggah foto dan keterangan yang sama seperti postingan pertama yang dihapus, dimana foto perdana pertemuan Amien dengan Prabowo dan Rizieq, Sabtu (2/6). Dalam foto itu terlihat ketiganya sedang bergandengan tangan.

Lalu, dalam keterangan fotonya Amien menuliskan, Mari kita bersatu, beramar maruf nahi munkar, menegakkan keadilan untuk membangun Indonesia bersama-sama.

Menyadari postingannya dihapus, Amien mencoba mengunggah foto lagi yang menampilkan pertemuan tersebut.

Posting kedua yang diunggah pada Minggu (3/6), menampilkan foto Amien dan Rizieq yang berpegangan tangan berdua sambil tersenyum. Dalam caption-nya, Amien menulis, Mari kita bersatu padu, beramar maruf nahi munkar, menegakkan keadilan untuk menyelamatkan Indonesia bersama-sama.

Admin IG @amienraisofficial mengungkapkan kekecewaan atas hilangnya foto-foto tersebut. Admin menyebut hal itu menjadi bukti kebebasan berekspresi yang dicederai.

“IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload yang berkaitan dengan tokoh tertentu. Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salah satu agenda reformasi kembali dicederai; mengembalikan kita pada era yang represif (Orde Baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (Orde Lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia,” demikian keterangan di akun @amienraisofficial.

Akun IG @amienraisofficial itu tidak dikelola Amien pribadi. Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo menyebut akun itu dikelola anak-anak Amien dan orang yang dekat dengan mereka.

Selain Amien, kasus soal Instagram juga pernah dialami Ustad Abdul Somad yang akunnya pernah di-suspend.

Postingan Amien Rais yang hilang di Instagram
Postingan Amien Rais yang hilang di Instagram.
Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini