Amien Rais Pensiun, Gelar Guru Besar UGM Hilang

24 May 2019 14:26 Pendidikan

Amien Rais yang sering mengeluarkan statemen kontroversial terkait Pemilu 2019. Sementara Amien sendiri pernah menjadi guru besar atau profesor di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ketua Dewan Guru Besar UGM, Koentjoro, mengakui memang banyak pertanyaan yang diajukan kepadanya berkaitan dengan tanggung jawab Amien Rais kepada masyarakat sebagai seorang profesor.

"Saya selaku Ketua Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada barangkali banyak yang menanyakan, kan beliau (Amien Rais) profesor, lalu bagaimana tanggung jawabnya?" ungkapnya kepada wartawan di kampus UGM, Jumat 24 Mei 2019.

"Beliau sudah pensiun. Guru besar atau profesor itu adalah jabatan akademik, sehingga ketika beliau itu pensiun maka jabatan akademik sebagai guru besar itu pun sebetulnya juga harusnya hilang," pungkas Koentjoro.

Sementara itu, Rektor UGM Panut Mulyono, menegaskan apa yang dilakukan Amien Rais bukan tanggung jawab institusinya. Sebab, ayah Hanum Rais itu sudah pensiun dari kampus.

"Profesor Amien Rais itu sudah purna, sudah pensiun dari UGM, sehingga secara institusi (UGM) sudah tidak ada ikatan secara struktural ya dengan beliau," kata Panut.

"Sehingga apa yang beliau (Amien Rais) lakukan itu bukan tanggung jawab UGM, tentu menjadi tanggung jawab pribadi beliau. Saya kira demikian," lanjut mantan Dekan Fakultas Teknik UGM tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini