Amien: Aib, Pendukung 02 Menyeberang Hanya Karena Kursi Menteri

20 Jul 2019 14:20 Politik

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais berharap seluruh partai pendukung Prabowo-Sandi dalam pilpres 2019 tetap konsisten berada di luar pemerintahan. Amien menilai aib yang sangat besar jika ada parpol pendukung 02 yang menyeberang ke pemerintahan hanya karena kursi menteri.

"Sungguh aib kalau ada partai pendukung 02, tiba-tiba menyeberang hanya karena satu kursi ecek-ecek. Kalau hanya embel-embel berarti si menteri embel-embel berkolaborasi dengan rezim yang selama ini kita kritik karena terlalu mementingkan orang berada," kata Amien ketika menjadi pembicara di Muhasabah dan Munajat untuk Negeri di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 Juli 2019.

Menurut Amien, rekonsiliasi harusnya dilandasi dengan kesamaan platform, bukan atas dasar bagi-bagi kursi menteri.

Apalagi, Prabowo selalu konsisten untuk berbicara tentang pentingnya kedaulatan pangan, energi, tanah, dan air. Sehingga platform ini harus disepakati untuk menjalankan rekonsiliasi.

Jika platform ini tidak disepakati maka oposisi adalah sebuah kewajaran yang harus diambil parpol pendukung 02.

Pernyataan Amien ini juga meneguhkan pernyataan sebelumnya yang meminta seluruh parpol pendukung 02 tetap berada di barisan oposisi.

Menurut Amien, meski telah bertemu dengan Jokowi, namun Prabowo hingga saat ini masih tetap konsisten untuk memperjuangkan kemandirian bangsa dan tidak akan tergiur dengan bagi-bagi kursi menteri.

Sementara itu berbeda dengan Amien Rais, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan justru menilai oposisi tidaklah tepat diterapkan di Indonesia yang menganut idiologi Pancasila.

"Kita itu negara Pancasila, oposisi dan tidak itu tidak tepat. Bila saja di pusat kita tidak bersama di daerah kita banyak yang bersama," kata Zulkifli di gedung DPR, Kamis 18 Juli 2019.

"Kita dukung dan doakan agar Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf sukses memimpin Indonesia sehingga kita berubah menjadi lebih baik dan lebih sejahtera," ujar Zulkifli.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini