China tambah sumbangan untuk WHO saat Amerika Serikat setop bantuan. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Amerika Setop Bantu WHO, China Tambah Sumbangan

Internasional 24 April 2020 03:10 WIB

China mengumumkan akan menyumbang lagi senilai USD30 juta kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membantu lembaga tersebut berperang melawan pandemi covid-19. Pengumuman itu dikeluarkan setelah Amerika Serikat mengumumkan untuk menghentikan donasi pada WHO.

"China memutuskan menyumbang USD30 Juta, untuk menambah USD20 juta yang telah diberikan sebelumnya," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang, sambil menambahkan jika dana itu akan digunakan WHO untuk menguatkan sistem kesehatan di negara berkembang.

Ia menambahkan jika bantuan China kepada WHO menggambarkan kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh Pemerintahan China.

Kondisi ini berbeda dengan sikap Amerika Serikat yang menghentikan bantuan kepada WHO. Amerika Serikat saat ini menjadi donatur terbesar WHO.

AS sebelumnya juga menuduh WHO salah mengatur krisis covid-19, sehinga mengakibatkan As seperti juga China, mengalami pandemi.

Dialihbahasakan dari Free Malaysia Today, dalam pengumuman ketika menghentikan bantuan untuk WHO, Presiden Donald Trump menuduh WHO mencoba menutupi betapa bahayanya wabah covid-19 di awal ia muncul di China dan sebelum merebak ke dunia.

Trump menambahkan jika pembayar pajak yang juga warga Amerika menyisihkan antara USD 400 juta hingga USD500 juta per tahunnnya untuk WHO.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 18:02 WIB

1.280 Personil Secapa Bandung Positif Covid, Ini Penjelasan KSAD

Nasional

Terdiri dari 991 personel siswa, dan 289 personil staf

11 Jul 2020 18:00 WIB

Sudirman Said Soal Isu Radikalisme, STAN Stop Pendaftaran Maba

Pendidikan

Pemerintah melanjutkan proses seleksi untuk sekolah kedinasan, kecuali STAN

11 Jul 2020 17:31 WIB

Yuk Perjalanan Dinas ke Tempat Wisata, Ini Ada Dana Rp4,1 Triliun

Pemerintahan

Kemenko Maritim dan Investasi ajak kementerian rapat di destinasi wisata.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...