Presiden UEFA, Aleksander Ceferin. (Foto: Twitter/@TheReds_Indo)

Ambisi Selesaikan Kompetisi, UEFA Akan Gelar Turnamen Mini

Liga Champions 17 April 2020 13:28 WIB

Pandemi Covid-19 membuat seluruh kompetisi Eropa ditangguhkan tanpa batas waktu. Di tengah krisis tersebut, Presiden UEFA menggelindingkan ide untuk menyelesaikan dua kompetisi elit di Benua Biru, Liga Champions dan Liga Europa, dengan menggelar turnamen mini.

Turnamen ini rencananya akan digelar pada Agustus nanti di Istanbul, tempat yang awalnya direncanakan sebagai venue final pada 20 Mei mendatang.

Final turnamen tersebut direncanakan berlangsung pada 26 atau 29 Agustus 2020. Meski keputusan terakhir masih tergantung dari rangkaian pertemuan dengan semua pihak yang berkepentingan dalam satu minggu ke depan.

Kabarnya, ide ini mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, kendati juga ada usulan bahwa turnamen ini diputar setelah kompetisi domestik di masing-masing negara sudah selesai.

Masalahnya tak sesederhana itu. Sebab, untuk Liga Champions sendiri masih menyisakan empat partai leg kedua, yakni Chelsea melawat ke markas Bayern Munchen, Manchester City menjamu Real Madrid, Barcelona lawan Napoli di Camp Nou, dan Juventus melawan Lyon di Turin.

Persoalan yang sama juga terjadi di Liga Europa karena masih banyak pertandingan babak 16 besar yang belum rampung.

UEFA sendiri mengagendakan pertemuan melalui telekonferensi sejak Selasa 21 April 2020 mendatang. Pertemuan ini akan melibatkan 55 asosiasi sepak bola di Eropa, termasuk FA Inggris. Forum tersebut akan membahas tentang kemajuan penanganan wabah virus corona di masing-masing negara.

Keesokan harinya, Rabu 22 April 2020, UEFA akan mengadakan pertemuan lanjutan dengan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa dan kelompok kerja kalender. Dalam pertemuan ini kemungkinan akan membahas rencana aksi dan waktu memulai kompetisi yang sudah diatur ulang oleh liga, termasuk Premier League.  

Pada Kamis 23 April 2020 mendatang, UEFA juga akan membahas Euro putri yang dijadwalkan tahun depan di Inggris, serta Liga Bangsa-Bangsa. Di hari itu pula, semua keputusan terkait sejumlah agenda UEFA akan diputuskan.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 07:02 WIB

Jaga Selamat, Muhammadiyah Putuskan Gelar Tanwir Daring Juli 2020

Khazanah

Hasil Rapat Pimpinan Muhammadiyah Tingkat Pusat

06 Jul 2020 06:46 WIB

Pancasila dan Penjual Sate Madura, Terasa Cerdiknya

Humor Sufi

Humor selalu mencairkan suasana tegang

06 Jul 2020 06:19 WIB

Ledakan di Menteng, Polisi Lakukan Pemeriksaan Mendalam

Nasional

Lebih dari petasan, tak memunculkan api

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...