Pembangunan Alun-alun Bawah Tanah, Pemkot Tutup Jalan Yos Sudarso

18 Jun 2019 23:45 Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menutup Jalan Yos Sudarso. Penutupan ini karena Pemkot akan melanjutkan proyek alun-alun bawah tanah.

Pengerjaan alun-alun bawah tanah yang tepat di bawah Jalan Yos Sudarso itu akan dimulai dengan pelaksanaan pile integrity test (PIT).

"Rencananya pengerjaan PIT ini akan dimulai dari tanggal 20-24 Juni 2019. Sehingga dalam dua hari tersebut, Jalan Yos Sudarso akan ditutup sebagian," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR), Chalid Buhari, Selasa 18 Juni 2019 di Balaikota Surabaya.

Chalid menambahkan, tes PIT bertujuan untuk mengetahui letak dan kedalaman infrastruktur dan jaringan bawah tanah yang ada di Jalan Yos Sudarso. Terutama utilitas seperti pipa dan kabel serta fiber optik.

"Selama dua hari, kita kerjakan di sisi barat dan dua hari kemudian mengerjakan di sisi timurnya. Jadi penutupannya gantian, sisi barat lalu sisi timur jalan," ujar Chalid.

Pengerjaan dan penggalian jalan yang digunakan untuk PIT memiliki panjang 11 meter, lebar 1 meter dan dengan kedalaman 2 meter.

Setelah tes PIT selesai, pada bulan Juli 2019, pembangunan Alun-alun bawah tanah di Jalan Yos Sudarso akan dimulai. Proyek ini ditargetkan selesai pada bulan Desember 2019.

"Selama pengerjaan ruang bawah tanah ini, kami akan tutup total Jalan Yos Sudarso. Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub dan pihak kepolisian untuk menyiapkan rekayasa arus lalu lintasnya," katanya.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Surabaya untuk menghindari sementara Jalan Yos Sudarso pada dua hari tersebut agar tak terjadi kemacetan.

Sedangkan untuk bulan Juli hingga Desember, masyarakat untuk mencari jalan alternatif lain karena jalan Yos Sudaro tidak bisa digunakan secara total. (alf)

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini