Petugas Dishub Bangkalan mendorong mobil mogok di Blega, Bangkalan akibat banjir. (Foto: BPBD Bangkalan)
Petugas Dishub Bangkalan mendorong mobil mogok di Blega, Bangkalan akibat banjir. (Foto: BPBD Bangkalan)

Aliran Listrik 7 Ribu Pelanggan di Sampang dan Bangkalan Padam

Ngopibareng.id Jawa Timur 11 December 2020 21:35 WIB

Aliran listrik di sejumlah titik di Bangkalan dan Sampang terpaksa harus dimatikan akibat dampak banjir melanda. PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur membenarkan pemadaman sementara.

"Listrik dipadamkan oleh PLN apabila gardu distribusi terendam air dan rumah-rumah pelanggan terendam air. Pemadaman ini bertujuan untuk menjaga keselamatan warga," kata Senior Manager Distribusi PLN UID Jawa Timur Adriansyah di Surabaya, Jumat, 11 Desember 2020.

Ia mengatakan, untuk wilayah yang terdampak banjir, tim PLN juga menggiatkan edukasi kepada masyarakat dan terus berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan ketika banjir serta upaya penanganan.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi banjir, menjaga keselamatan serta mengamankan peranti kelistrikan," katanya.

Adriansyah mengatakan, dalam pemadaman di Sampang total ada 16 gardu distribusi PLN ULP Sampang yang melayani 5.729 pelanggan terendam banjir, dan sementara tidak dioperasikan.

Sementara di PLN ULP Blega, enam gardu distribusi yang melayani 1.606 pelanggan dihentikan sementara aliran listriknya hingga banjir mulai surut.

"Tim PLN yang terdiri dari dua regu tim pelayanan keandalan dan satu regu pemeliharaan masih terus bersiaga di lokasi terdampak banjir guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi," katanya.

Sementara itu, PLN juga meminta kepada pelanggan setelah banjir surut, harus memastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering.

"PLN akan melakukan inspeksi kerusakan aset/material dan pengamanan jaringan berdasarkan aspek keselamatan ketenagalistrikan untuk dapat kembali menyalurkan energi listrik. Intinya, jangan segan berkoordinasi dengan kami jika ada potensi bahaya terkait listrik ketika terjadi banjir. Kami siap melakukan pengamanan karena tak ada yang lebih penting dari keselamatan kita bersama," katanya.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 07:53 WIB

Artidjo Alkostar: Sebuah Kitab Keadilan

Hamid Basyaib

Artidjo sosok penegak hukum yang memiliki integritas tinggi dan sahaya.

01 Mar 2021 07:35 WIB

Soal Legalisasi Usaha Miras, Muhammadiyah: Itu Buah UU Ciptaker

Khazanah

Fenomena bangsa yang telah kehilangan arah

01 Mar 2021 07:29 WIB

Memanas dengan Iran, Joe Biden Akan Umumkan Sikap Terhadap Arab

Internasional

Terkait Putra Mahkota Raja Arab Saudi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...