Alergi Debu? Ini 4 Cara Ampuh Mengatasinya

14 Jun 2018 19:20

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Alergi marupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya. Alergi tersebut sering dialami oleh setiap orang.

Alergi sendiri ada beberapa macam, ada yang alergi pada makanan, udara, air, cuaca, dan lain-lain.

Salah satu alergi yang paling sering menyerang seseorang adalah alergi debu. Alergi ini terjadi ketika orang sensitif dan tidak bisa terkena debu sedikit.

Orang yang terkena alergi ini, biasanya akan langsung mengalami masalah kesehatan seperti batuk-batuk, bersin, sesak napas, dan pusing. Bahkan tak jarang seseorang mengalami pembengkakan di sebagian tubuh.

Meski sering dianggap sepele, sebenarnya alergi harus diobati loh. Ini karena saat alergi datang, orang akan merasa tidak nyaman dan kesakitan.

Nah, daripada bingung harus mengobati alergi debu dengan apa, berikut cara ampuh untuk mengatasinya.

1. Mencuci hidung

Mencuci hidung bisa membantu untuk menenangkan sistem pernapasan yang terganggu. Cara ini juga bisa menghancurkan partikel debu yang menempel di hidung.

Caranya, campur satu sendok teh garam dan baking soda dalam segelas air. Masukkan cairan ke hidung untuk membersihkan area hidung.

2. Teh peppermint / teh mint

Konsumsi teh mint juga bisa membantu mengatasi alergi debu. Teh mint memiliki sifat antibakteri yang bisa mengendalikan reaksi alergi.

Caranya, rebus daun mint dalam air panas dan konsumsi saat alergi datang.

3. Cuka apel

Cuka apel bisa menjaga metabolisme tubuh dengan baik. Untuk mengatasi alergi, campurkan satu sendok cuka apel dalam segelas air dan minum tiga kali sehari.

4. Madu

Madu memiliki sifat antiseptik yang bisa memberikan perlindungan terhadap debu atau alergi lain. Konsumsi madu bisa mengatasi bersin dan batuk karena debu.

Caranya, teteskan madu dengan kapas kemudian oleskan pada ruam karena alergi di tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya.

Selamat mencoba!