Aldi Taher Ganti Nama Asli untuk Pilkada Cianjur

17 Oct 2019 19:38 Selebriti

Aldi Taher memiliki nama asli Rahmat Aldiansyah. Ia rela mengganti nama pemberian orangtuanya demi nama panggung, Aldi Taher. "Deg-degan awalnya, tapi akhirnya senang semuanya sudah selesai," ujarnya.

Aldi Taher sengaja memboyong orangtuanya ke pengadilan sebagai saksi sekaligus memberikan restu dirinya ganti nama.  Sebelum memutuskan ganti nama dan ingin mengukuhkan nama panggungnya, Aldi sudah meminta izin ke ibu dan ayahnya.

"Beliau (orangtua) kasih restu dan mendukung keputusan Aldi. Salah satu bentuk dukungannya, beliau mau ikut Aldi ke persidangan," tuturnya.

Ganti nama ini salah satu siasat mantan suami Georgia Aisyah ini mencalonkan diri sebagai Bupati Cianjur. Ayah dua anak ini akan bertarung dalam Pilkada Cianjur 2020.

"Saya cari ridho Allah, kebetulan Cianjur kampung halaman nenek Aldi, yaitu ibu Yuyun Moeslim Taher," tutur personel Trio Ubur-Ubur ini.

Dunia politik, menurut pengakuan Aldi Taher, dikenalnya sejak duduk di bangku kuliah.

"Aldi suka dunia politik sejak kuliah. Kebetulan kakek juga tokoh politik, yakni Moeslim Taher. Beliau adalah anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA). Jadi darah politik sudah ada di Aldi," tuturnya.

Aldi Taher menyinggung nama Mulan Jameela soal keputusannya mengganti nama asli menjadi nama panggung. "Saya terinspirasi Mbak Mulan Jameela, beliau ganti nama asli dengan nama panggung lewat keputusan pengadilan. Alhamdulillah beliau bisa ke Senayan (anggota DPR RI)," tutur Aldi Taher.

Ya, sebelumnya pasangan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani mengganti nama asli menjadi nama panggung. Nama asli Dhani Ahmad Prasetyo diganti menjadi Ahmad Dhani Prasetyo.
Sementara itu, istrinya mengganti nama Raden Terry Tantri Wulansari menjadi Mulan Jameela.

Keduanya menggantinya setelah mengajukan perubahan nama ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Perubahan tersebut dilakukan melalui mekanisme persidangan di ruang sidang 3 PN Jakarta Selatan, pada 26 Juli 2018.

Alasan Dhani dan istri mengganti nama yakni akan maju dalam pencalegan. Dhani maju sebagai caleg Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur I, yang meliputi wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Namun sayang, ayah lima anak ini gagal dalam pencalegan dalam Pemilu 2019.

Sementara Mulan Jameela yang maju sebagai caleg Gerindra dari Dapil XI, yang meliputi Kabupaten Garut serta Kota dan Kabupaten Tasikmalaya sukses melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

Proses ganti nama saat pencalegan juga dilakukan vokalis band Radja, Ian Kasela. Ia mengganti nama lahir Iandhika Mulya Ramadhan menjadi Ian Kasela. Permohonannya dikabulkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Seperti diketahui, Kasela di belakang nama Ian adalah kependekan dari Kalimantan Selatan, daerah kelahirannya.

Jauh sebelum ramai artis-artis nyaleg ganti nama, Nia Ramadhani telah mengganti nama aslinya, Prianti Nur Ramadhani sejak menikah dengan putra Abu Rizal Bakrie. Setelah diresmikan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, nama ibu tiga anak itu berganti menjadi Ramadani Ardiansyah Bakrie pada 2010 silam.

Artis Annisa Trihapsari juga mengganti nama lahirnya, Annisa Tirbanowati di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 17 April 2008. Bintang sinetron Tukang Bubur Naik Haji, Anak-Anak Manusia, dan masih banyak lainnya itu beralasan ganti nama karena ketidakcocokan makna pada nama lahirnya. 

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini