Pertemuan para pimpinan partai politik koalisi pemerintahan di kantor DPP NasDem. (Foto: Dok/Antara)

Alasan PDIP Tak Ikut Gabung Pertemuan Dengan Surya Paloh

Politik 23 July 2019 14:08 WIB

Pertemuan antara pimpinan beberapa partai politik koalisi pemerintahan yang dipimpin Surya Paloh pada Senin, 22 Juli 2019 terasa janggal karena tidak hadirnya perwakilan PDI Perjuangan.

"Kami saat ini sedang fokus konfercab dan konferda partai menjelang Kongres Bali 8-10 Agustus 2019," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno, Selasa 23 Juli 2019.

Meski tidak hadir, namun PDI Perjuangan, kata Hendrawan, memonitor langsung pertemuan itu.

Pertemuan antara pimpinan partai koalisi, merupakan upaya untuk menyolidkan kerja sama antar partai pendukung pemerintahan.

"Ini menggembirakan, kami terus mengikuti silaturahmi antar partai yang sedang berlangsung termasuk mendorong komunikasi politik yang konstruktif," ujarnya.

Pertemuan antar pimpinan parpol koalisi selama ini juga terus didorong sehingga kerja pemerintahan untuk mensejahterakan masyarakat bisa lebih cepat lagi.

Dalam pertemuan antar pimpinan partai politik itu, Hendrawan mengaku tidak menutup kemungkinan adanya pembahasan tentang kursi Ketua MPR.

"Yang dibahas pasti macam-macam, bahkan tidak hanya paket jabatan, tapi juga saling berbagi kabar dan berita, menu penting dalam bauran komunikasi antar tokoh," kata dia.

Sekadar diketahui, sebelumnya empat pimpinan partai koalisi bertemu. Mereka adanya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, serta Plt Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa.

Menurut Surya Paloh, pertemuan yang digelar di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta itu untuk menyolidkan koalisi.

"Selama ini sebagai anggota koalisi pengusung pemerintahan Jokowi yang selama ini berjalan dan memiliki tingkat soliditas yang kuat, kokoh dan harmoni. Ini patut kami syukuri dan kami pertahankan agar suasana kebatinan tokoh dan soliditas partai pengusung Jokowi ini bisa berlanjut, sekarang dan ke depan," kata Surya Paloh usai pertemuan.

Dalam pertemuan ini, Paloh juga membenarkan adanya pembahasan kursi MPR, namun belum ada kesepakatan. "Memang yang menyangkut pembahasan MPR, belum," kata dia.

Sementara itu Cak Imin mengatakan, pertemuan ini sekaligus sebagai ajang untuk memberikan ucapan selamat kepada Surya Paloh yang sedang berulang tahun.

"Dalam rangka ulang tahun Pak Surya Paloh sekaligus komunikasi awal menyangkut hajat kita 17 Agustus, sidang tahunan, menuju 1 Oktober pelantikan DPR baru, menyusun AKD. Kami saling menguatkan," kata Cak Imin.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 07:45 WIB

Ketua MPR Desak Pemerintah Tentukan Standar Biaya Rapid Test

Nasional

Ketua MPR Bambang Soesatyo memberi perhatian atas keluhan masyarakat

07 Jul 2020 20:44 WIB

Gus Hans dan Eri, Kandidat Kuat Cawawali Whisnu?

Pilkada

Eri dan Gus Hans dinilai cocok dampingi Whisnu Sakti.

06 Jul 2020 22:00 WIB

Armuji Mundur, PDIP Surabaya Anggap Armuji Hanya Omong Doang

Pilkada

Menurut Anas Karno, Armuji hanya koar-koar tanpa bukti

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...