Alasan Muktamar PKB Akan Ubah Nama Cak Imin Menjadi Gus Ami

20 Aug 2019 12:33 Nasional

Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-5 yang akan digelar di Bali tidak hanya akan menjadi ajang pengukuhan kembali Muhaimin Iskandar sebagai ketua umum. Dalam Mutamar kali ini, warga PKB juga akan mengukuhkan sebutan baru bagi Muhaimin.

Wakil Sekjen PKB Ahmad Iman mengatakan, jika selama ini Muhaimin akrab disapa Cak Imin, maka di Muktamar kali ini, panggilan Cak Imin akan diubah menjadi Gus Ami.

Ami sendiri merupakan kependekan dari nama lengkap Cak Imin yakni Abdul Muhaimin Iskandar.

"Ini merupakan aspirasi kader. Cak Imin ini genealoginya benar-benar Gus, tapi malah dipanggil Cak. Jadi nanti kami akan mengembalikan namanya menjadi Gus," kata Ahmad Iman di Nusa Dua, Bali, Selasa 20 Agustus 2019.

Selama ini, status Muhaimin sama dengan Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Keduanya adalah cicit dari Pendiri NU KH Bisri Syansuri.

Putra kiai, kata Iman, selama ini selalu disapa dengan Gus. "Putra kiai dalam tradisi Kiai selalau dihormati. Karena disapa Cak, kini banyak yang tidak tahu kalau Cak Imin ini sebenarnya cicit pendiri NU. Di PKB malah banyak yang bukan anak kiai disebut Gus," kata Iman.

Sementara itu, terkait sebutan baru bagi Cak Imin ini, beberapa spanduk dan atribut PKB di Bali juga telah menuliskan sebutan baru bagi Cak Imin yakni Gus Ami.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini