Hanif Dhakiri, Menaker sekaligus Plt Menpora. (Foto: Dok/Antara)

Alasan Jokowi Tunjuk Hanif Dhakiri Gantikan Menpora Nahrawi

Politik 20 September 2019 15:24 WIB

Presiden Joko Widodo akhirnya menunjuk Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Imam Nahrawi.

"Presiden tentunya mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya karena akan banyak Menteri yang dilantik sebagai anggota DPR pada 1 Oktober 2019 mendatang," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, menjelaskan alasan pemilihan Hanif sebagai Plt Menpora, Jumat, 20 September 2019.

Selain alasan itu, Hanif selama ini merupakan teman Imam Nahrawi karena mereka berdua sama-sama menteri berlatar belakang sama yakni dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pratikno mengatakan, Keputusan Presiden tentang pemberhentian Imam Nahrawi saat ini juga telah ditandatangani oleh Jokowi pada hari Jumat, 20 September 2019.

Kepres pengangkatan Hanif sebagai Plt juga telah ditandangani Jokowi. "Tadi pagi presiden tanda tangan Keppres pemberhentian Imam Nahrawi sekaligus pengangkatan Hanif Dhakiri jadi Plt Menpora," ujarnya.

Sekadar diketahui, setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap dana hibah KONI, Imam Nahrawi telah menyatakan untuk mundur dari jabatan Menpora.

Imam mengaku akan fokus menghadapi tuduhan korupsi yang kini menjeratnya. "Saya harus mengikuti proses hukum dengan baik sambil menunggu alat bukti yang dimiliki KPK dengan tanpa membuat wacana seperti yang dituduhkan mereka," kata Imam, Kamis, 19 September 2019.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Jul 2020 14:45 WIB

KPK Ajukan Banding Atas Vonis Imam Nahrawi

Korupsi

Imam Nahrawi divonis 7 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor.

30 Jun 2020 18:33 WIB

KPK akan Bahas Tawaran Imam Nahrawi Jadi Justice Collaborator

Hukum

Nahrawi divonis 7 tahun, bersedia kerjasama bongkar korupsi di Kemenpora.

29 Jun 2020 20:10 WIB

Eks Menpora Divonis 7 Tahun, Hak Politik Dicabut, Denda Rp18 M

Hukum

Lengkap sudah penderitaan mantan Menpora Imam Nahrawi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...