ilustrasi

Al-Quran Rahmat Ilahi, Mendaras Cahaya Kemuliaan

Khazanah 27 April 2020 06:01 WIB

Ramadhan jamuan ruhaniah telah kembali tergelar, bulan yang tak ada banding dalam kemuliaannya. Di antara pancaran kemuliaan bulan ini turunnya wahyu mulia Ilahi Al-Qur'an. Menyerap cahaya Ilahi di bulan penuh cahaya ini adalah berupaya mengakrabkan diri dengan Al-Qur'an.

"Sengaja saya mengajak kita semua melewati hari-hari di bulan ini dengan mengenal dimensi-dimensi luar biasa dari Al-Qur'an. Mengenali Al-Qur'an melalui al-Qur'an karena yang terbaik dalam menjelaskan Al-Qur'an tidak lain adalah Al-Qur'an," kata Kholid Al-Walid, dalam pesan-pesan Ramadhan tahun ini.

Allah SWT Zat yang Maha Rahman, Dia mengawali proses penciptaan makhluk-Nya dengan Kasih-Sayang-Nya, bahkan sifat Rahman-Nya adalah sifat -Nya yang utama yang Dia sandingkan dengan Ism al-Jami'-Nya Allah;

"Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik)...". (QS 17:110)

Dengan Nama-Nya yang Penyayang juga Dia liputi segala sesuatu yang ada ini :

"Dan Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu" (QS 7:156)

Rahmat adalah kasih sayang yg tanpa batas, memenuhi setiap kebutuhan tanpa diminta, menebarkan kebaikan tanpa menuntut balas, memberi tanpa harus di awali permintaan.

Di antara Rahmat Allah SWT yg paling luar biasa bagi manusia adalah al-Qur'an. Dengan Kasih-Sayang-Nya kepada hamba-hamba-Nya ia bekali hamba-Nya dengan al-Qur'an bahkan sebelum Dia ciptakan manusia :

"Al-Rahman, Yang telah mengajarkan al-Qur'an, Dia menciptakan manusia, Mengajarnya pandai berbicara" (QS 55:1-4)

Al-Qur'an adalah Kasih Sayang Allah bagi manusia karena al-Qur'an memenuhi keperluan manusia yang paling mendasar. Al-Qur'an menjadi cahaya bagi fitrah manusia untuk dapat mewujud dan menyampaikan manusia pada hakikat dirinya sebagai manusia dan kesempurnaannya sebagai hakikat yg paling sempurna yg Allah SWT ciptakan di antara seluruh makhluk yg ada. Al-Qur'an memenuhi hajat zahir dan bathin manusia.

Dalam Ghurar al-Hikam Imam Ali bin Abi Thalib a.s. berkata "Hiasilah waktumu dengan Al-Qur'an karena melaluinya cahaya Rahmat-Nya akan meliputi setiap waktumu'

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...