Aktris K-Pop Goo Hara Bunuh Diri, Ini Analisis Pakar Psikologi

25 Nov 2019 15:26 ngopiK-pop

Kabar kematian eks-personel girlband Kara, Goo Hara pada Minggu 24 November 2019 membawa duka mendalam bagi dunia K-Pop. Banyak netizen menduga gadis berusia 28 tahun tersebut bunuh diri.

Selain itu pada Mei 2019 lalu, Goo Hara sudah sempat melakukan aksi bunuh diri. Namun, aksinya itu berhasil digagalkan oleh manajernya.

Tak jarang juga netizen yang menduga Goo Hara kembali bunuh diri karena terpengaruh kabar bunuh diri sahabatnya, Sulli.

Pakar Psikolog Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki, Malang, Fuji Astutik, pun turut mengamati fenomena ini.

"Mereka itu memang satu frekuensi. Kedekatan pertemanan itu lebih erat mempengaruhi perilaku daripada kedekatan keluarga," terangnya ketika dihubungi ngopibareng.id, melalui sambungan telepon pada Senin 25 November 2019.

Apalagi, menurut Fuji, rasa pertemanan membuat seseorang memiliki kondisi dan visi misi yang sama. Hal itu juga dapat memengaruhi seorang dalam bertindak serta pola pikir dalam menyelesaikan masalah.

"Menurut saya, ini karena terpengaruh Sulli ya. Bisa jadi iya dan tidak. Karena Goo Hara sendiri sudah pernah mencoba bunuh diri kan dulu. Jadi sebenarnya sudah ada kecenderungan itu sebelum Sulli bunuh diri," ungkap dosen psikologis klinis itu.

Terlepas dari pengaruh Sulli, menurutnya, jika Goo Hara dan Sulli tak jauh berbeda. Bunuh diri dijelaskannya menunjukkan bahwa keduannya memiliki masalah yang sama yaitu, rasa putus asa dan tidak dihargai serta tak ada yang peduli.

"Cyber bullying bisa jadi penyebabnya, seperti kasus Sulli. Maka dari itu netizen ini tolong jangan asal ketik. Karena kekerasan verbal lebih susah sembuh dari fisik," ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya,Goo Hara ditemukan meninggal dunia di kediamannya di Cheongdam. Ia mengembuskan napas terakhir di usia 28 tahun.

Pihak kepolisian hingga kini masih menyelidiki penyebab kematian Goo Hara. Sementara manajemen juga keluarga masih belum bicara terkait kabar ini.

Tak lama setelah kabar kepergian Goo Hara menjadi perhatian publik, postingan Instagram terakhir sang mendiang menjadi sorotan. Ia mengunggah foto selfie beberapa hari lalu dengan caption berupa ucapan perpisahan.

"Selamat tinggal," tulisnya pada caption foto.

Sebelumnya, Goo Hara sempat mencoba bunuh diri dengan membakar batubara di kediamannya, pada 26 Mei 2019. Namun kala itu sang manajer berhasil menemukan sang musisi dan segera membawanya ke rumah sakit sehingga Goo Hara bisa diselamatkan.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini